Asal Muasal Nama Papua dan Irian Jaya

Di posting oleh BLACK LION pada 09:07 AM, 04-May-12 • Di: fakta
papuamap.jpg

Tak banyak orang tahu, bahwa kata ‘Papua’ tidak disukai oleh penduduk asli bumi Cendrawasih tersebut. Mereka lebih suka menyebut negeri mereka dengan nama Nuu Waar.

Nuu Waar adalah dua kata bahasa Irarutu di kerajaan Nama Tota Kaimana, yakni Nuu Eva. Nuu bermakna sinar, pancaran atau cahaya. Sementara Waar dari kata Eva, yang makna pertama adalah ‘mengaku’ atau diterjemahan dengan makna lebih dalam yang artinya ‘menyimpan rahasia’. Dari bahasa Onim (Patipi) Nuu juga adalah cahaya. Waar artinya perut besar yang keluar dari perut Ibu. Maka nama Nuu Waar artinya negeri yang mengaku menyimpan atau memikul rahasia.

Nama Nuu Waar nama yang berkembang dengan siar islam sejak kehadiraan Samudera Pasai, Raden Fatah pada abad 13 M, Aru Palaka sampai Sultan Tidore pada abad 15 M dengan wilayah Kesultanan dan kekuasaan melalui perdagangan sampai ke Nuu Waar.

Pergantikan nama Nuu Waar menjadi Papua dan Irian terjadi sejak 1214 masehi. Kata Papua’ itu sendiri diambil dari beberapa bahasa daerah di Nuu Waar, yang maknanya hitam, keriting, bodoh, jahiliah, jahat, perampok, pemeras, pemerkosa, bahkan lebih sadis dimaknai sebagai suka makan orang.

Makna negatif itulah yang membuat suku asli tidak suka pada kata ‘Papua’. Namun oleh bangsa Portugis kata it uterus dikembangkan, sehingga membentuk opini. Upaya tersebut juga bagian dari politik memecah belah warga setempat. Setelah bangsa Portugis tidak lagi menjajah, nama Papua terus dipopulerkan oleh Belanda.

Selain ‘Papua’, kata ‘Irian’ juga tidak begitu disukai penduduk setempat. Kenapa? Kata ‘Irian’ berasal dari beberapa bahasa daerah di Nuu Waar. Kata Mariiyen dari bahasa Biak artinya bumi yang panas, bahasa Onim (Patipi) dari Tiri Abuan arti ‘Irian’ adalah daratan besar. Kata ‘Irian’ juga berasal dari bahasa Arab: ‘Urryan’.

Lho kenapa Arab bisa masuk ke Irian? Bahwa sesungguhnya Islam lebih dulu masuk ke Nuu Waar. Agama Islam sudah masuk sejak 1214 M dan dibawa oleh Syaikh Iskandar Syah dari Kerajaan Samudera Pasai. Lalu dilanjutkan oleh Raden Fatah pada 1400 M; Aru Pataka dari Bone (1611) dan Sultan Tidore (1816). Barulah pada Februari 1885, Kristen Protestan masuk dan pada16 Maret 1930 masuk Kristen Katholik.

Ketika ulama besar sekaligus pujangga Islam Ibnu Batuta melakukan expedisi keliling dunia dan mendarat di Nuu Waar pada 1517 M, penduduk setempat masih berkoteka. Dari situ keluar nama ‘Urryan’ untuk penduduk di Nuu Waar, yang berarti ‘Negeri orang telanjang’. Namun, sejak masa penjajahan Belanda sampai kemerdekaan, kata ‘Urryan’ (baca: Irian) dipergunakan daripada Nuu Waar. Bahkan ketika Abdul Rahman Wahid (Gus Dur) menjadi Presiden, Irian menjadi Papua yang artinya mengembalikan lagi makna negatif yang tidak disukai oleh penduduk setempat.


b1af022531c5b641a9dc5cd1e.jpg
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

53 tanggapan untuk "Asal Muasal Nama Papua dan Irian Jaya"

Sarilah pada 09:20 AM, 04-May-12

Gitu ya asal sejarah kata papua.trims atas info nya bu guru.biggrin

gila vs aneh pada 09:26 AM, 04-May-12

Ada sejarahnya jg y gan, Karawang Apa y?biggrinmkzh sejarahnya

ARYA HECK IN pada 10:17 AM, 04-May-12

absen aja sob banyak update di nanti kunbal nya

MR. GPRS ™ pada 10:35 AM, 04-May-12

sangat bermanfaat mba....kita jadi lebih mengetahui sejarah bangsa ini

Rizky Hermawan pada 10:38 AM, 04-May-12

owh g2 tow trnyata sjarah nama papua, thx udh share wink

XTIARBUMI ™ pada 11:12 AM, 04-May-12

BENERAN NI ANE BR TAU MAS. THANKS BGT NAMBAH WAWASAN NI

Sunan pada 11:22 AM, 04-May-12

Wow Fakta!
Mungkin juga karena irian bertetanggaan sama papuanugini.

Afif pada 05:25 PM, 04-May-12

koment dulu ah. . mrgreen udah lama ga kunjung nih apalagi koment. biggrin
abis baca ntar koment lagi kok

Taufik Adiluhur pada 05:31 PM, 04-May-12

berarti selama ini kita telah menghina orang nuu waar dengan sebutan papua dan irian dong? Dengan mengerti sejarah dan maknanya semoga bisa membuat kita lebih bijak dalam menyebutkan nama. Thanx udah share

Afif pada 05:31 PM, 04-May-12

selalu ada unsur islam di dalam postnya mba.
Ngomong ngomog Ga biasanya nih posting ga banyak tulisannya question

_Orang Gila !!! pada 06:58 PM, 04-May-12

makasi bnyak inponya kang,,pengetahuan yg jarang d bahas. . .sip kang..mett malem..

roeyzee ツ pada 07:41 PM, 04-May-12

thanks infonya sob, nambah wawasan smile

Alfa73™ pada 09:32 PM, 04-May-12

Ow, jd asal mula nama papua d irian jaya dari bahasa nuu waar ya.. Thank wat infonya ya sob.

Ghost Story pada 05:40 AM, 05-May-12

Nice post smile

Muzammil pada 12:22 PM, 05-May-12

nice post mbak!!! Lnjutkan!!

c.huda s60v2 pada 04:28 PM, 05-May-12

jdi inget tmen ku yg dipapua hehe. . .mrgreen

Sarilah pada 07:32 AM, 06-May-12

assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuuh.

wah tumben sekarang jarang balas komentar.apalagi tak ada waktu senggang atau karena komentarnya pada ga bermutu.yah begitulah blogger indonesia lebih mementingkan popularitas dari pada kualitas.

hari minggu masuk kerja ya?banyak duitnya dong.smile wink

Yanz'rimba pada 11:13 AM, 06-May-12

met pagi sob & met
berweekend ria.. biggrin
koment dulu baca blakangan sob..
Di tunggu kunbalnya
http://rimba.mywapblog.com

Alex Cristian Saputra pada 11:36 AM, 06-May-12

kunjungan balik sobt ? jangan lupa folbak biggrin twisted confused

Kang Asep MWBer pada 07:31 AM, 07-May-12

maju terus tante mengungkap berbagai fakta tentang papua....

Salam koteka...mrgreen

I-dwie | IMB™ pada 09:03 AM, 07-May-12

hmm..
Papua, walaupun artinya itu tidak mengenakan tp pulau sumber emas terbesar di indoNesia..

soloensis pada 03:16 PM, 07-May-12

heemm, bru tau aq sob....
Thanks dah ngeshare

IRIAN Jaya pada 04:09 PM, 07-May-12

Kalo dari jaman sekolah dulu pak guru bilang kalo IRIAN itu artinya Ikut Republik Indonesia Anti Netherland. btw thanks infonya smile

Alghaffar pada 01:13 AM, 08-May-12

assalamualaikum
kunjungn telat sob,,,jrang ol,sbuk nyari mkan,hehehe. Nice info & ttp smangt ea? Wassalamualaikum.

Gandrunk™ pada 07:01 AM, 08-May-12

[c]msak sih[/c]

Myblog HaiRul LoVe Seekers pada 10:51 AM, 09-May-12

pagi jelang siang gan. Datang untuk bc2 artikel ny ni.
Met aktivitas. N mt pagi.

Wind'ecko pada 07:15 PM, 09-May-12

Berkunjung di petang hari mas brada,..
selain itu juga untuk silaturahmi & tentunya sengan membaca postingan mas brada membuat mata hati jadi terbuka dan wawasan menjadi lebih luas.
Thanks mas brada.
mrgreen

Amri Hayirzaf pada 12:23 AM, 11-May-12

@absen nyimak sob... Ditunggu kunjungan baliknya.. Thx, slm sahabat mwb smile smile

Panda Artist Afc | heck.in pada 04:36 AM, 11-May-12


Informatif dan bermanfaat biggrin di tunggu update terbarunya. Lanjutkan.
Jangan sungkan2 mampir juga ke:
http://pandaartistafc.wordpress.com/
http://pandaartistafc.xtgem.com/
http://pandaartistafc.blog.com/
http://pandaartistafc.heck.in/
FREE | MP3 | VIDEO | EBOOK | GAME | APLIKASI | SKOR BOLA | BERITA HARI INI | QURAN | INJIL | FOTO | OPERAMODIF | UCBROWSER | OPERAMINI | KREASI | SERBA SERBI | EXTRA | MORE

Slamet wahyudi pada 11:50 AM, 12-May-12

mantab gan infonya. Jadi tau nih ane. Thx dah share

BLACK LIONESS pada 03:33 PM, 13-May-12

@Sarilah : sm2 jeng

@gila vs aneh: ntar aq cba telusuri sob, hehe...

@ARYA HECK IN : ok, thx sob

@MR. GPRS ™ : smoga bermanfaat ea sob

@Rizky Hermawan : thx jga sah mampir sob

@XTIARBUMI ™ : alhamdulillah lok sah thu

@Sunan : papua nugini nama aslinya new guinea sob

@Afif : mang iu faktanya sob, bukan membuar2 seolah Ilam sah lma masuk ke papua

@Taufik Adiluhur : bener sob, tpi sah terlanjur salah kaprah kayak gini

@Orang Gila !!! : makasih kembali sob

@roeyzee ツ : thx jga bua kamu sob

@Alfa73™ : bener sob

@Ghost Story + Muzammil : thx sob

@c.huda s60v2 : kenalan dong

@Sarilah : waalaikumsalam,kebetulan lgi bnyak kerjaan jeng, lok aq sih yg penting bs bnr2 bermanfaat bg siapa aja yg membaca nya jeng ^_^

@Yanz'rimba : segera meluncur sob

@Alex Cristian Saputra : ok sob, thx ea

@Kang Asep MWBer : jiah...kang aseo pke koteka jga ya, wkwkwkwk...........

@I-dwie | IMB™ : dan msih bnyak lgi kekayaan di situ sob

@soloensis : thx jga sob

@IRIAN Jaya : itu sih karya orde baru sob, hehe...

@Alghaffar : waalaikumsalam, thx sob

@Gandrunk™ : iya sih

@Myblog HaiRul LoVe Seekers : silakan dilanjut sob

@Wind'ecko: smoga bermanfaat sob

@Amri Hayirzaf [: segera menluncur sob, thx ea

@Panda Artist Afc | heck.in : ok sob, thx ea

@Slamet wahyudi : thx jga dah berkunju7ng sob

MR. GPRS ™ pada 05:55 AM, 16-May-12

Wah blog kita sama mba... Bsa di kasih komentar warna berbeda he he...

Fajar pada 12:12 PM, 17-May-12

nice info sob,jadi tambah pengetahuanbiggrin

Si Kembar² (Didy & Dody) pada 05:15 PM, 06-Jun-12

kebettulan saya tinggal di sorong,papua tp asal jawa... Btw,kunbal ya,kalo berkenan folow...

kontraktor bangunan pada 04:29 PM, 11-Jun-12

thanx udah share infonya yaaa...smile

koma pada 10:48 AM, 18-Jun-12

klo bukan orang papua jangan jgn asal ngomong........ini sejarahnya............Para pelaut Portugis yang sampai ke Pulau Papua, melihat bahwa ada kemiripan antara Guinea di Africa dan di Papua sehingga mereka menyebut Pulau yang mereka datangi itu dengan sebutan dalam bahasa mereka yaitu Nueva Guinea...atau papua....tau nga kamu...klo nga tau jangan posting sembarangan

BLACK LIONESS pada 05:43 PM, 26-Jun-12

@koma: trus bgaimna critanya Nueva Guinea bisa menjadi PAPUA, Nueva Guinea/ new guinea dipake utk nama negara di pulau papua sebelah timur, cma Indonesia yg menyebutnya papua nugini, mgkin kmu menceritakan versi sejarah yg berbeda, ini ndak aneh lgi kok, sejarah bangsa kita pun punya banyak versi, maka jgn asal ngablak dan menjelek"an postingan org, ndak ada niat apa' selain berbagi ilmu bgi yg mau berkunjung ke sini

Druid pada 11:07 PM, 01-Sep-12

Tapi aku pernah denger kalau asal nama "IRIAN" dari Soeharto, setelah berhasil merebut dari Belanda. Yang artinya "Ikut Republik Indonesia Anti Neaderland".....

3 pada 06:38 PM, 29-Sep-12

3

mances pada 08:33 AM, 09-Oct-12

Papaua,hitam jelek kriting ,,,jadi ganti nama kembali menjadi Melanesia.

muyapa pada 06:15 PM, 29-Oct-12

tau darimana nih...? saya kira tdk seperti itu,apa mungkin saya yg tdk tau,atau.......!!!!!!!!!!

evelin_linlin pada 03:13 PM, 09-Nov-12

hihihi... keren... saya menjadi lebih tau asal muasal nya smile

prayitno pada 06:52 PM, 05-Jan-13

setahu saya nama IRIAN itu singkatan dari Ikut Republik Indonesia Anti Nederland(Belanda)...karena jaman Soekarno dulu penamaan itu di lakukan agar ekses Belanda tdk lagi tercitra di pulau Irian/Papua..

BLACK LION pada 07:16 AM, 12-Jan-13

kliatan kan kalo singkatan itu dipaksakan mrgreen

Ryan pada 01:46 AM, 13-Jan-13

Maaf boleh tau referensi-nya dari mana ya?
Harus bisa dipertanggung jawabkan secara moral kalau merubah opini org smile

sayzahir pada 06:06 AM, 13-Jan-13

Betul, kalau Papua nama aslinya bermakna negatif kenapa ngga ada tokoh adat ya protes ? Apa mereka hanya diam saja ? Saya kira tidak mungkin diam saja kalau memang arti kata Papua itu negatif.
Irian sudah jelas singkatan, walaupun terkesan memaksakan tapi itu bahasa jaman dulu, tau sendiri kan bagaimana bahasa Indonesia masa Soekarno ?

papuanes pada 08:10 AM, 15-Mar-13

tolong sejarah lebih lengkap. k?

thomas alva edison pada 12:36 PM, 23-Jun-13

sesuatu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan
"terlalu banyak istilah"
ada timur ada barat ada utara dengan suku,bahasa,dialek dengan kepentingan yang berbeda.
hal ini pendapat pribadimu,
sejarah saja harus dengan ref yang benar
di mamberamo,di sinak di nabire di paniai istilah itu tak di kenal
beberapa catatan anda
1.foto itu hamya ada di png mirip tapi tak sama
2.mungkin anda hanya tahu sejarah di bagian sorong kaimana fakfak
3.islam masuk di papua catatan anda tidak jelas
bisa iya dan tidak krn harus dengan fakta
sejarah
4.penduduk setempat masih berkoteka
"apa iya "dipantai pesisir dan di gunung sama adatnya ???????
5.ref penulisan tidak jelas
coba anda cari buku lain yang dapat di
sebenarnya anda hanya memancing ajah
ada penulisan yang bisa betul tapi akhirnya salah total.thankyu

nadiya loverz pada 02:36 PM, 01-Oct-13

bahasa daerah papua apa ya

nadiya loverz pada 02:37 PM, 01-Oct-13

bahasa daerah papua apa ya

Mond pada 12:47 PM, 17-Oct-13

Kata Irian tu berasal dri bahasa Salah satu suku di Papua yaitu suku Biak yang berarti Sinar/Cahaya. Jadi nama IRIAN bkan berasal dri Singkatan dri Soekarno......smile

agung pada 07:56 AM, 26-Dec-13

Ni yng posting asal deh...klo blm pernah ke papua jngn asal posting donk...orng berkoteka d tmukan taun 1950an..itupun daerah lembah pegunungan yng jauh dari pantai..klo jaman dahulu skli orng papua yng d temukan,orng2 pantai yng penutup bwahx memakai daun klapa...budaya d papua bnyak sob

Alvi Syahrin Harahap pada 10:53 PM, 28-Mar-14

Kata Papua pertama kali diganti menjadi IRIAN pada tahun 1963 ketika IRIAN berhasil menjadi bagian NKRI. IRIAN itu kepanjangan yang artinya Ikut Republik Indonesia Anti Netherlands. Kata IRIAN menunjukkan sifat perjuangan kebangsaan karena IRIAN adalah Bangsa Indonesia

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)