Kerajaan Majapahit Ternyata Kerajaan Islam Sejak Awalnya ???

Posted by BLACK LION on 09:24 AM, 09-Dec-11

majapahit-1.jpg

Seorang sejarawan pernah berujar bahwa sejarah itu adalah versi atau sudut pandang orang yang membuatnya. Versi ini sangat tergantung dengan niat atau motivasi si pembuatnya. Barangkali ini pula yang terjadi dengan Majapahit, sebuah kerajaan maha besar masa lampau yang pernah ada di negara yang kini disebut Indonesia. Kekuasaannya membentang luas hingga mencakup sebagian besar negara yang kini dikenal sebagai Asia Tenggara. Namun demikian, ada sesuatu yang ‘terasa aneh’ menyangkut kerajaan yang puing-puing peninggalan kebesaran masa lalunya masih dapat ditemukan di kawasan Trowulan Mojokerto ini. Sejak memasuki Sekolah Dasar, kita sudah disuguhi pemahaman bahwa Majapahit adalah sebuah kerajaan Hindu terbesar yang pernah ada dalam sejarah masa lalu kepulauan Nusantra yang kini dkenal Indonesia. Inilah sesuatu yang terasa aneh tersebut. Pemahaman sejarah tersebut seakan melupakan beragam bukti arkeologis, sosiologis dan antropologis yang berkaitan dengan Majapahit yang jika dicerna dan dipahami secara ‘jujur’ akan mengungkapkan fakta yang mengejutkan sekaligus juga mematahkan pemahaman yang sudah berkembang selama ini dalam khazanah sejarah masyarakat Nusantara.

Kegelisahan’ semacam inilah yang mungkin memotivasi Tim Kajian Kesultanan Majapahit dari Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Pengurus Daerah Muhammadiyah Yogyakarta untuk melakukan kajian ulang terhadap sejarah Majapahit. Setelah sekian lama berkutat dengan beragam fakt-data arkeologis, sosiologis dan antropolis, maka Tim kemudian menerbitkannya dalam sebuah buku awal berjudul ‘Kesultanan Majapahit, Fakta Sejarah Yang Tersembunyi’. Buku ini hingga saat ini masih diterbitkan terbatas, terutama menyongsong Muktamar Satu Abad Muhammadiyah di Yogyakarta beberapa waktu yang lalu. Sejarah Majapahit yang dikenal selama ini di kalangan masyarakat adalah sejarah yang disesuaikan untuk kepentingan penjajah (Belanda) yang ingin terus bercokol di kepulauan Nusantara. Akibatnya, sejarah masa lampau yang berkaitan dengan kawasan ini dibuat untuk kepentingan tersebut. Hal ini dapat pula dianalogikan dengan sejarah mengenai PKI. Sejarah yang berkaitan dengan partai komunis ini yang dibuat di masa Orde Baru tentu berbeda dengan sejarah PKI yang dibuat di era Orde Lama dan bahkan era reformasi saat ini. Hal ini karena berkaitan dengan kepentingan masing-masing dalam membuat sejarah tersebut. Dalam konteks Majapahit, Belanda berkepentingan untuk menguasai Nusantara yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Untuk itu, diciptakanlah pemahaman bahwa Majapahit yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia adalah kerajaan Hindu dan Islam masuk ke Nusantara belakangan dengan mendobrak tatanan yang sudah berkembang dan ada dalam masyarakat.


koin.jpg


Apa yang diungkapkan oleh buku ini tentu memiliki bukti berupa fakta dan data yang selama ini tersembunyi atau sengaja disembunyikan. Beberapa fakta dan data yang menguatkan keyakinan bahwa kerajaan Majpahit sesungguhnya adalah kerajaan Islam atau Kesultanan Majapahit adalah sebagai berikut


1. Ditemukan atau adanya koin-koin emas Majapahit yang bertuliskan kata-kata ‘La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah’. Koin semacam ini dapat ditemukan dalam Museum Majapahit di kawasan Trowulan Mojokerto Jawa Timur. Koin adalah alat pembayaran resmi yang berlaku di sebuah wilayah kerajaan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa sangat tidak mungkin sebuah kerajaan Hindu memiliki alat pembayaran resmi berupa koin emas bertuliskan kata-kata Tauhid.

2. Pada batu nisan Syeikh Maulana Malik Ibrahim yang selama ini dikenal sebagai Wali pertama dalam sistem Wali Songo yang menyebarkan Islam di Tanah Jawa terdapat tulisan yang menyatakan bahwa beliau adalah Qadhi atau hakim agama Islam kerajaan Majapahit. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Agama Islam adalah agama resmi yang dianut oleh Majapahit karena memiliki Qadhi yang dalam sebuah kerajaan berperan sebagai hakim agama dan penasehat bidang agama bagi sebuah kesultanan atau kerajaan Islam.

3.Pada lambang Majapahit yang berupa delapan sinar matahari terdapat beberapa tulisan Arab, yaitu shifat, asma, ma’rifat, Adam, Muhammad, Allah, tauhid dan dzat. Kata-kata yang beraksara Arab ini terdapat di antara sinar-sinar matahari yang ada pada lambang Majapahit ini. Untuk lebih mendekatkan pemahaman mengenai lambang Majapahit ini, maka dapat dilihat pada logo Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, atau dapat pula dilihat pada logo yang digunakan Muhammadiyah. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Majapahit sesungguhnya adalah Kerajaan Islam atau Kesultanan Islam karena menggunakan logo resmi yang memakai simbol-simbol Islam.

astabrata-89751-1.jpg


4. Pendiri Majapahit, Raden Wijaya, adalah seorang muslim. Hal ini karena Raden Wijaya merupakan cucu dari Raja Sunda, Prabu Guru Dharmasiksa yang sekaligus juga ulama Islam Pasundan yang mengajarkan hidup prihatin layaknya ajaran-ajaran suf, sedangkan neneknya adalah seorang muslimah, keturunan dari penguasa Sriwijaya. Meskipun bergelar Kertarajasa Jayawardhana yang sangat bernuasa Hindu karena menggunakan bahasa Sanskerta, tetapi bukan lantas menjadi justifikasi bahwa beliau adalah seorang penganut Hindu. Bahasa Sanskerta di masa lalu lazim digunakan untuk memberi penghormatan yang tinggi kepada seseorang, apalagi seorang raja. Gelar seperti inipun hingga saat ini masih digunakan oleh para raja muslim Jawa, seperti Hamengku Buwono dan Paku Alam Yogyakarta serta Paku Buwono di Solo. Di samping itu, Gajah Mada yang menjadi Patih Majapahit yang sangat terkenal terutama karena Sumpah Palapanya ternyata adalah seorang muslim. Hal ini karena nama aslinya adalah Gaj Ahmada, seorang ulama Islam yang mengabdikan kemampuannya dengan menjadi Patih di Kerajaan Majapahit. Hanya saja, untuk lebih memudahkan penyebutan yang biasanya berlaku dalam masyarakat Jawa, maka digunakan Gajahmada saja. Dengan demikian, penulisan Gajah Mada yang benar adalah Gajahmada dan bukan ‘Gajah Mada’. Pada nisan makam Gajahmada di Mojokerto pun terdapat tulisan ‘La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah’ yang menunjukkan bahwa Patih yang biasa dikenal masyarakat sebagai Syeikh Mada setelah pengunduran dirinya sebagai Patih Majapatih ini adalah seorang muslim.


5. Jika fakta-fakta di atas masih berkaitan dengan internal Majapahit, makna fakta-fakta berikut berhubungan dengan sejarah dunia secara global. Sebagaimana diketahui bahwa 1253 M, tentara Mongol dibawah pimpinan Hulagu Khan menyerbu Baghdad. Akibatnya, Timur Tengah berada dalam situasi yang berkecamuk dan terjebak dalam kondisi konflik yang tidak menentu. Dampak selanjutnya adalah terjadinya eksodus besar-besaran kaum muslim dari Timur Tengah, terutama para keturunan Nabi yang biasa dikenal dengan ‘Allawiyah. Kelompok ini sebagian besar menuju kawasan Nuswantara (Nusantara) yang memang dikenal memiliki tempat-tempat yang eksotis dan kaya dengan sumberdaya alam dan kemudian menetap dan beranakpinak di tempat ini. Dari keturunan pada pendatang inilah sebagian besar penguasa beragam kerajaan Nusantara berasal, tanpa terkecuali Majapahit.



Inilah beberapa bukti dari fakta dan data yang mengungkapkan bahwa sesungguhnya Majapahit adalah Kesultanan Islam yang berkuasa di sebagian besar kawasan yang kini dikenal sebagai Asia Tenggara ini. Sekali lagi terbukti bahwa sejarah itu adalah versi, tergantung untuk apa sejarah itu dibuat dan tentunya terkandung di dalamnya beragam kepentingan.

Wallahu A’lam Bishshawab.


ref:

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

63 responses to "Kerajaan Majapahit Ternyata Kerajaan Islam Sejak Awalnya ???"

cumcum on 09:43 AM, 09-Dec-11

ternyata dari dulu aku salah dengan pengetahuan yang aku dapat...tapi entah lah sob,semua menyatakan ada bukti yang kuat..z paling tidak islam mendominisi daerah" di indo

Ainudin on 09:49 AM, 09-Dec-11

met pge kanh, wah sejarah lg nich mantap biggrin

buat semuanya gabung yuk di http://oedinwap.hostgue.tk

Rnb_serdadufals on 09:59 AM, 09-Dec-11

mantap kang

Other Side ⡩ on 10:13 AM, 09-Dec-11

majapahit ya?????
Bru tau ane sob.. smile

Rizkycandra on 10:16 AM, 09-Dec-11


weh.. Tertarik euy ama inpo2 kya gini.. Koinny itu loh.. Coba bsa ane milikin. Ahaha
rizkycandra.mywapblog.com

Bujank on 10:16 AM, 09-Dec-11

Ni yg q tunggu..Lanjutkn mbk biggrin

Mahrus Symbianisty on 10:32 AM, 09-Dec-11

wah,,mantabb nie..biggrin
Knjungan rutin sob,, suksess..mrgreen

Arya on 10:40 AM, 09-Dec-11

info mantap sob ternyata keraja'an majapahit yang lebih di kenal sebagai keraja'an hindu adalah keraja'an islam sejak dulu nya

BLACK LIONESS on 10:44 AM, 09-Dec-11


@cumcum: kayaknya emang ada yang berusaha merubah kisah sejarah sob

@Ainudin: met pagi jg sob

@Rnb_serdadufals: thx sob

@Other Side: mang jrg yg th sob

@Rizkycandra: haha..2mang pasti mahal itu sob

@Bujank: ok sob, thx ea

@Mahrus Symbianisti: thx banyak ea sob

BLACK LIONESS on 10:47 AM, 09-Dec-11


@Arya: bukti2 tlah mengatakan demikian sob, cuma entah siapa yg telah merubah cerita sejarah??

Dharmawan newbie on 10:47 AM, 09-Dec-11

luar biasa kang artikelnya. Berkelas dan memberi pencerahan. Thanks udh share kang.

BLACK LIONESS on 10:48 AM, 09-Dec-11


@Dharmawan newbie: smoga bermanfaat sob

Budiskj on 10:53 AM, 09-Dec-11

semakin keren aja artikel2 diblog ini,

Sahid on 10:54 AM, 09-Dec-11

setuju kang kyaiq blng gajah mada memang seorang muslim.

Nailul Marom on 11:03 AM, 09-Dec-11




2 kata

tetep SEMANGAT!!!!

Uyunks on 11:09 AM, 09-Dec-11

Waduh,makin mantap az nih artikel..makasih sob..slalu saja aku dapat pengetahuan baru yang tak pernah aku tau di sini..sukses sob,,mohon dukungan nya juga ya sob untuk kontes seo yg aku jalani..makasih..hehe,sukses sobbiggrin

Antenk41 on 11:11 AM, 09-Dec-11

seperti biasa yang diposting di blog ini adalah fakta yg belum saya tahu sebelumnya

mantap

Randryant on 11:21 AM, 09-Dec-11

sip kangbiggrin

BLACK LIONESS on 11:33 AM, 09-Dec-11


@Budiskj : thx ea sob

@Sahid: lalu kenapa gajah mada malah lbh dikenal sebagai non muslim??? ini lah yg perlu dipertanyakan

@Nailul Marom : 2 kata juga...thx sob , hehe...

@Uyunks : segera ke TKP sob

@Antenk41 : semoga kita bisa lebih tahu dari sebelumnya sob

@Randryant: makasi sob

fin788™ on 11:34 AM, 09-Dec-11

Siang Sob, M'f baru mampir... Keren postinganx


Mampir yah.. ke
fin788 m_Blog
http://fin788.pun.bz

Setalar39 on 12:06 PM, 09-Dec-11

hadir sob, wah semakin banyak aja sejarah yang baru terungkap sekarang, smile

AgustReyhand on 12:11 PM, 09-Dec-11

Artikelnya sngt bgus gan smile

demakx ngeblog on 12:51 PM, 09-Dec-11

mantap ane baru tau sob

amrull_Amri | prefer fair user™ on 12:54 PM, 09-Dec-11

Absen siang lepas jumat. . . .fakta terungkap sudah. . .sejarah di belokkan demi kepentingan pihak2 pemerintahan. . . Politik

BLACK LIONESS on 01:15 PM, 09-Dec-11


@fin788™ : ok sob, thx ea udah mampir lagi

@Setalar39: percayalah...masih bnyak sejarah asli yang belum kita ketahui

@AgustReyhand [: makasi sob

@demakx ngeblog: alhamdulillah kalo sekarang udah th ea sob

@amrull_Amri | prefer fair user™: bisa jadi karena itu alasannya sob, wallahu a'lam lah

mang Sueb on 02:00 PM, 09-Dec-11

wah horeeee... Ternyata gtu ya eyank xixixi.... Ikut mandi aaaah....
Eh ia toiletnya di mana mbok..?

Black Angel on 02:51 PM, 09-Dec-11

.wah baru tau q. .

Yanz'rimba on 03:03 PM, 09-Dec-11

..hmmm jadi gitu ya faktanya.. Ada aja oknum yg suka muter balikan fakta termasuk sejarah Majapahit ini..makasih infonya sob & met sukses slalu

Iwanwahyu on 03:05 PM, 09-Dec-11

kalo boleh tau bahasa yang dipake apa ya?

Afif on 03:31 PM, 09-Dec-11

Lalu kapan agama hindu masuk ?
Dan seperti apa sejarah PKI versi dulu dan sekarang ?
Trus siapa yg membuat sejarah majapahit adlh krajaan Hindu ?
Klo ini kan kajian dari Tim Kajian Kesultanan Majapahit dari Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Pengurus Daerah Muhammadiyah Yogyakarta

Sarilah on 04:13 PM, 09-Dec-11

wah,kaget aku membaca artikel ini.mudah2an benar majapahit adalah kerajaan islam.ijin bookmark

Alfand™ on 04:32 PM, 09-Dec-11

hadir.. Maap knjngan tlat sob, gi2 y.. Memang slma ini yg trexploitsi dlm sjrah krjaan mjpht cuma 1 sisi adt istiadat agama hindu. merujuk dr bngunan bhs dn kebiasaan. Jd idntik dgn agama hndu. Dan blm d tinjau dr si2 yg laen.
Nice info sob. Lnjutkan..

BLACK LIONESS on 04:52 PM, 09-Dec-11


@mang sueb: jiah, ni pasti yg kmrn

@Black Angel: aku jg br th kmrn sob

@Yansrimba: kurang lbh begitu sob, thx ea

@Iwanwahyu: pastinya bahasa jawa sob

@Sarilah: ok sob, thx ea udah mampir

@Alfand: yup bnr bgt sob, thx dah ksh tambahan

@Afif: kalo mslh kpn msknya hindu, jujur aku blum th sob, dan mslh PKI, coba cek ke sini: http://blackfiles.mywapblog.com/inilah-fakta-skenario-politik-dibalik-penumpas.xhtml, silakan kamu tanya, tp setelah mengetahui smua isi blog ini (kyk ngetes aja)

Fajar Suhud Laksana~Fajr'z Blog on 05:59 PM, 09-Dec-11

@rtikelnya keren abis..

Rizky Hermawan on 07:07 PM, 09-Dec-11

Wah ane bru tau sob,
5af dtang telat wink

Amir on 07:58 PM, 09-Dec-11

mampir dan nyimak.

Afif on 08:53 PM, 09-Dec-11

smaleman ga slese baca bro .
Klo ada menu halaman kan bisa baca dari yg pertma posting smile biggrin

Kang Memet on 09:30 PM, 09-Dec-11

Kunjunga mlem kang.. Nyimak2 sambil ngopi2. nice artikelnya. lol

Afrin on 09:47 PM, 09-Dec-11

baru tau pertama kali di sini ane kang lo majapahit ntu jg ada Islamnya..thx bgt ilmunya kang

Akbar Abdillah on 01:03 AM, 10-Dec-11

absen malem sob, co2k dah jd gru sjrah.

Cabax Cc on 05:14 AM, 10-Dec-11

kunjungan pagi.. Nice info ..

Rama Bondan Prakoso on 07:15 AM, 10-Dec-11

Komen dulu baru baca artikelnya, mrgreen

BLACK LIONESS on 07:39 AM, 10-Dec-11


@Fajar Zuhud: makasi ea sob

@Rizky Hermawan: ok sob, nyante aja

@Amir: silakan sob

@Afif: kan ada di atas tuh

@Kang Memet: ok sob, thx ea udah mampir

@Afrin: ea aku tulis sesuai dgn fakta yg ditemukan sob

@Akbar Abdillah: jiah..bs aja kamu, ntar malah gak sesuai sm buku sejarahnya, hehe..

@Cabax cc: thx sob

@Rama Bondan Prakoso: ok sob, silakan dilanjut

endryct« velkhanos on 08:53 AM, 10-Dec-11

Waduh, ane bru tau sob, mrgreen
Dtnggu trz sob post yg mnarik lain'a biggrin

BLACK LIONESS on 09:53 AM, 10-Dec-11


@endryct: udah siap sob, hehe..

Ijolumut'z on 11:24 AM, 10-Dec-11

Ternyata begitu. Hehe.
Makasih Sob udah berbagi.

Dhanjeung | Collection Of The Latest Applications on 05:07 PM, 10-Dec-11

wallahu a'lam bishshawab

BLACK LIONESS on 05:32 PM, 10-Dec-11


@Ijolumutz: kembali kasih sob

@Dhanjeung: yup, hanya Allah yg Maha Tahu akan segalanya

PaWeLaH™ on 08:03 PM, 10-Dec-11

absen sob..., maaf nih kunjungan telat....

Iwed on 09:34 PM, 10-Dec-11

like this biggrin

http://pandaartistafc.heck.in on 12:04 AM, 11-Dec-11

8) maaf sob baru sempat berkunjung sekarang redface by the way postingan ente keren sob idea tetap semangat 45

BLACK LIONESS on 07:10 AM, 11-Dec-11


@PaWelaH: gpp kok sob, thx ea

@Iwed: haha...thx sis

@http://pandaartisafc.heck.in: pasti sob, thx ea

CIVASS on 05:00 PM, 21-Jan-12

Wah,,memang mantaf bro

Zinneira on 08:34 PM, 26-Feb-12

wah bermanfaat..jkazakallai..izin copy paste ya

resty.malin@yahoo.com on 07:55 PM, 08-Mar-12

weh weh weh jadi piham ni soal sejarah majapahit ni,,,,


tapi apa perbedaan simbol majapahit sama simbol muhamaadiah ya,,, jadi bingung

surya on 02:27 PM, 19-Jul-12

sejarah boleh di putar balikan sesuai tujuannya orang itu. tapi kebenaran ga bisa di bohongi. tidak menghormati leluhurnya (majapahit,hindu), tidak akan pernah menemukan kedamaian. hindu tidak berawal dan tidak berakhir....

Bagol Edan Eling on 06:57 PM, 01-Oct-12

Mantap sob.Artikel yang menarik.Terlepas dari benar dan tidak nya hanya allah yang tau.

pecopon on 11:01 AM, 14-Jan-13

Majapahit kerajaan islam?????????tak percaya sama sekali!!!!!!!!bawasannya runtuhnya kerajaan majapahit d karanakan adanya islam d nusantara!!!!!!ingat sejarah gunung lawu!!!!!!!!

pecopon on 11:02 AM, 14-Jan-13

majapahit kerajaan islam?????mustahil!!!!!!ingat sejarah lawu!!!!!!

brekele on 03:44 PM, 25-Mar-13

ppprrututttt hhhooaaakk bener nih..lihat fakta dan bukti yg ada...

jayawardana on 05:57 PM, 24-Oct-13

Wkwkkkkkk. Maksa banget. Islam itu agama yang baru masuk di indonesia setelah banyak ada kerajaan2 hindu diindonesia. Majapahit ada jauh sebelum islam masuk ke indonesia. Ini terlalu dipaksain dah sejarah versi admin. Hahaha ada2 aja. Referensi yang dipake juga cuman versi sepihak. Kalo mau tau coba deh riset langsung di trowulan. Sejarah dah bener malah mau diputarbalikkan lagi. Jangan2 besok kutai dan prabu mulyawarman disebut2 islam jg. Hahaha. Mending belajar sejarah dulu sebelum bikin tulisan tentang sejarah. Saya asli trowulan dan sudah disini sejak leluhur saya jaman majapahit dulu. Dan turun temurun kami memang diajarkan adat istiadat hindu majapahit walaupun di ktp kami pakai agama islam. Inget lho, bedain antara adat dan agama ya. Tp adat tetep akarnya dari agama. Sandikalaning majapahit ····

ahmad on 09:50 AM, 07-Mar-14

wah sejarah kok d pleset2in terus.bukankah runtuhnya maja pahit it islam it mulai masuk

RONGOK on 02:22 PM, 02-Apr-14

BAGUS BAGUS MEMANG ORANG ISLAM PUNYA MESIN WAKTU? MIMPI KOK DISIANG BOLONG !!!!!
yANG BIKIN SEJARAH ADALAH PEMENANG YAITU ISLAM. MAU HITAM MAU PUTIH MAU INI MAU ITU WONG PRESIDEN ORANG ISLAM

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)