Misteri Lagu Pemanggil Kuntilanak...Lingsir Wengi

Posted by BLACK LION on 07:43 PM, 09-Oct-11


“Lingsir wengi sliramu tumeking sirno
ojo tangi nggonmu guling
awas jo ngetoro
aku lagi bang wingo wingo
jin setan kang tak utusi
jin setan kang tak utusi
dadyo sebarang
wojo lelayu sebet”

Petikan syair diatas pasti tidak asing lagi bagi yang pernah menonton film kuntilanak yang dibintangi julie estelle, itu adalah syair durma yang bisa memanggil kuntilanak seperti yang diceritakan dalam film tersebut.

Durma itu adalah salah satu pakem lagu dalam Macapat. Macapat adalah kumpulan lagu Jawa yang mencakup 11 pakem (Dandhanggula, Mijil, Pocung, Megatruh, Gambuh, Sinom, Maskumambang, Pangkur, durma, Asmarandana, dan Kinanthi). Tradisi Macapat ini diperkirakan sudah mulai ada sejak jaman akhir kerajaan Majapahit.

kira-kira artinya kayak gini:

Menjelang malam, dirimu(bayangmu) mulai sirna…
Jangan terbangun dari tidurmu…
Awas, jangan terlihat (memperlihatkan diri)…
Aku sedang gelisah,
Jin setan ku perintahkan
Jadilah apapun juga,
Namun jangan membawa maut…

Setiap jenis pakem itu ada rumusnya (misal terdiri berapa baris; berapa suku kata; dan bunyi vokal tiap akhir baris). Jadi durma pun punya rumus juga, dan Tembang durma itu nggak cuma satu macam tapi banyak judulnya. Yang di muat di film itu cuma salah satunya. Rumus pakem lagu durma adl: 12-a; 7-i; 6-a; 7-a; 8-i; 5-a; 7-i.

Setiap tembang dalam Macapat mencerminkan watak yang berbeda-beda. durma, disebut sebagai bagian Macapat yang mencerminkan suasana/sifat keras, sangar, dan suram. Bahkan kadang mengungkapkan hal-hal yg angker dlm kehidupan. Cocok tuh, kalo film Kuntilanak mengekspos tembang ini. Tauuu aja…

Dalam tradisi Jawa, ada istilah Tembang dolanan (Lagu Mainan). Yang dimaksud adalah lagu yang dipakai untuk ritual permainan magis Jawa. Misal, ada lagu untuk memainkan Jalangkung; ada lagu untuk memanggil roh dlm permainan boneka Ni Thowong; dsb. Ada pula lagu yang dipercaya bisa memanggil buaya di sungai (dari pakem Megatruh), dan oleh orang Jawa sampai saat ini masih menjadi mitos larangan untuk dinyanyikan di sungai.

Tapi untuk lagu-lagu ritual, biasanya nggak berdiri sendiri untuk memfungsikannya. Lagu itu dinyanyikan dengan iringan syarat ritual yg lain. Tiap ritual syarat/sesajinya biasanya sangat spesifik, jadi kalo tidak memakai sesaji itu ya lagu yg dinyanyikan nggak akan berpengaruh.

Di adat Jawa, ada lagu lain untuk “manggil” setan:

Sluku-sluku bathok, bathok’e ela-elo
Si romo menyang solo, oleh-oleh’e payung muntho
Mak jenthit lo-lo lobah, wong mati ora obah
Yen obah medheni bocah…
Dulu sebelum ada mainan2 canggih kayak sekarang, yg ada cuma mainan tradisional. Anak – anak Jawa punya tradisi, kalo bulan purnama mereka bikin boneka dari keranjang bunga yg habis dipakai buat ziarah (kayak Jelangkung). Trus bikin sesaji bunga tujuh rupa, sirih, dan tembakau, ditaruh di salah satu pinggir sungai.

di malam bulan purnama, anak – anak mengelilingi boneka itu sambil menyanyikan lagu tadi. Lagu itu dinyanyikan berulang kali sambil memegang boneka, dan lalu… Boneka akan bergerak… agresif…!

Itu artinya roh penunggu sungai telah masuk ke boneka dan mau diajak bermain. Permainannya, boneka itu harus terus dipegang dan roh boneka itu akan membawa pemegangnya berlari-lari kemana-mana, lalu ini dijadikan permainan kejar-kejaran.

Siapa yg kelelahan akan ‘ditangkap’ oleh ‘boneka hidup’ itu, dipukuli dengan kepala boneka yg biasanya dibuat dari tempurung. Yang menggerakkan adl roh di dlm boneka itu.

Permainan ini disebut Ni Thowong, atau Ninidok, atau ada lagi yg nyebut Nini Thowok.

Permainan tersebut emang lazim dimainkan anak – anak jaman dulu, soalnya jaman dulu belum ada mal, belum ada bioskop apalagi playstation, dll..

Mantra penanggulangannya

Nga tha ba ga ma,
Nya ya ja dha pa,
La wa sa ta da,
Ka ro co no ho. (di baca 7 kali)

Jika diamati, mantra diatas sebenarnya adalah ejaan huruf Jawa tapi disusun terbalik. Itu disebut Caraka Walik, mantra Jawa Kuno untuk menangkal roh jahat.

kalo mau download lagu lingsir wengi OST KUNTILANAK, silahkan ambil ]DI SINI

ada yang berani coba?????? mrgreenhihihihihihihi.......
Share on Facebook Share on Twitter

Comments

38 responses to "Misteri Lagu Pemanggil Kuntilanak...Lingsir Wengi"

Rizky Hermawan on 07:47 PM, 09-Oct-11

Wah mengerikan sob,wink
jgn lpa folback.ny ea smile

Setalar on 07:51 PM, 09-Oct-11

gak berani soba nih sob, wkwkwkwkwk ane cuman nyimak ea

FUADI ᐎVIDEO NGERIᐈ on 07:53 PM, 09-Oct-11

meddni kangbiggrin

My life music on 07:57 PM, 09-Oct-11

Ampun gan.... Ane ngeri baca nya.... Takut datang beneran nanti...

Aku gak punya nama dan aku kehilangan kucing aku. . Hikss. . on 07:57 PM, 09-Oct-11

malam sob. Aye absen sambil bc sob. . Hehe

Inspirasi ku on 08:03 PM, 09-Oct-11

aku selsai bca. . Hehe
takut sob. Gak brani coba. mrgreen

@Kill_Bull | Follow Me On Twitter! on 08:06 PM, 09-Oct-11

Q: Apa ada yg berani coba?

A: Tidak terima kasih smile mrgreen

Setalar on 08:59 PM, 09-Oct-11

kaburrrrrrrrrrr ah ada yg manggil2 kuntilanak

Ijolumut'z on 09:42 PM, 09-Oct-11

Ha na ca ra ka
da ta sa wa la
pa dha ja ya nya
ma ga ba tha nga
mrgreen

Dhanjeung | Collection of Applications on 09:44 PM, 09-Oct-11

mantabbb sob... Ane izin download buat pajangan di kamar mandi.. Haha takut tau...

Masdab™ on 09:49 PM, 09-Oct-11

dah lama nih, gk mampir ke blog sobat black lion mrgreen artikelnya makin bagus aja nih mrgreen

Alfand™ on 10:11 PM, 09-Oct-11

haadiir sob, malem2 baca artikel serem ni, siapa takut.. mrgreen

Randryant on 10:22 PM, 09-Oct-11

absen malem+mantap infox sobbiggrind

Indra on 10:33 PM, 09-Oct-11

takut gan .hahahaha biggrin

Cumcum_Mip on 11:30 PM, 09-Oct-11

wah a'rud pn mhir bnget...bleh dong q ajar a'rud sma kange..met mlem sob.,

Kang Asep MWBer on 12:34 AM, 10-Oct-11

coba tanyain ma yg bersangkutan ea say,janda ato perawan,ntar kbrin eke,okey..? Hiyyyyy...mrgreen

Black Lion on 05:25 AM, 10-Oct-11

@All: tq ya,maaf gak bs bls komen satu persatu, langsung aja aq kunbal, buat kang asep, selamat datang kembalimrgreenhihihi..

Iwed on 07:54 PM, 11-Oct-11

sluku2 bathok??? pdhl dlo sering dinyanyiin pas maen trnyata :S

Insidiousboy on 07:46 AM, 12-Oct-11

All@ mav, nue bkanny sombong tpi ngpain tkut kan qta slalu diikutin sama Mereka
'BoutTheSong@ ntu lagu enak bngt smpe bkin mrinding aphlgy klo dnyanyiin sndrian... Hhoohhohhohoo......

Black Lion on 10:30 AM, 12-Oct-11

@Iwed: tp kan gak pake kemenyan dan sesajen razz

@insidiousboy: gak smua orang sama sob, ada yg "berani" seperti km, dan banyak kok yg "enggan" berhubungan sm makhluk halus, so...aq salut aja buat kmwink

dino rper on 01:13 PM, 13-Oct-11

ijin dengerin lagunya om..
Ane seh takutan.. Tp penasaran om...

Black Lion on 04:26 PM, 13-Oct-11

wokebiggrin

Lyly Sagita Rino on 04:17 PM, 20-Jan-12

btw,tu lagunya sunan kalijaga bro.

Fieantsk on 07:12 PM, 30-Mar-12

Wahahah...
belum dengerin aja dah takut..
apa lagi dengerin ... Hiiii.... AATTUUTT...
hahahaha biggrin biggrin

lala on 07:54 PM, 15-Apr-12

pengen nyobak

cucky on 10:29 AM, 12-Jul-12

kok gk bisa d download bro,?
sorry ane pngguna baru di sni biggrin

Asley on 02:38 PM, 04-Sep-12

gak usah takut cuma lagu. yg penting percaya pada yg ada di atas!

Rahma on 11:16 AM, 05-Sep-12

Gak biisa di Downlod sad !! hehehe xixixixi NGERI jugha yya .. iiiihh. taKut :p

Changcimen on 11:44 PM, 18-Oct-12

wach jadi pngen cba nich aqhu sob.....

rofiq w. famungkas on 03:50 PM, 04-Nov-12

ga branii
.atuttt

tamimi on 05:19 PM, 05-Dec-12

klo mau ndonlod lagunya gimana ya?

shella rekkapuri on 12:39 PM, 22-Jan-13

gx ah takut.

Cindi novia on 09:05 AM, 22-Feb-13

Lgunya serem euybiggrin

ilham say a on 06:08 PM, 22-Feb-13

serem ih. bikin merinding aja

citra cyank cobat on 07:14 PM, 28-Mar-13

takut amat harigini malam yg sepi baca kalimat kayak gitue serrrreeeeeeenmmm deh mending kabuer aja deh
wakwakwakwak
kalaw ada salah penulisan minta maaf yaaa

Muhammad irfan on 09:00 PM, 13-Apr-13

Kalau menurut saya tembang ini sangat bagaus dan mengerikan dan bisa membuat orng merinding... Hii!! Aq takut

irwandi on 07:52 AM, 15-Nov-13

keren lagunya..

WEnnAs on 04:15 PM, 24-Jan-14

Pengen sih, sob nyoba. tp kga ada temennya.

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)