Misteri Kamar 308 Hotel Inna Samudera Pelabuhan Ratu

Posted by BLACK LION on 11:19 AM, 03-Dec-11



Bagi Anda yang senang dengan suasana pantai, sinar mentari dan desir ombak yang bergulung, berwisata ke pantai pastilah menyenangkan. Setiap pantai di tanah air memiliki keistimewaan masing-masing, entah karena pemandangannya yang indah atau karena mitos-mitos yang membuat orang tertarik untuk berkunjung kesana.

Salah satu pantai yang sangat terkenal dengan mitosnya adalah Pantai Palabuhanratu yang terletak di pesisir Samudera Hindia, sekitar 60 kilometer dari kota Sukabumi, Jawa Barat. Pemandangan pantai ini sangat indah terlebih langitnya di saat matahari terbit dan terbenam. Namun ombaknya yang sangat kuat berbahaya bagi perenang, sehingga ada papan larangan yang ditancapkan disana untuk memperingatkan pengunjung agar tak bermain terlalu jauh ke laut.

Daya tarik Pantai Palabuhanratu tak berhenti sampai keindahan pemandangannya saja. Banyak pengunjung yang datang kesana karena mitos yang beredar mengatakan pantai ini dikuasai oleh Ratu Pantai Selatan atau yang lebih dikenal sebagai Nyai Roro Kidul. Roro Kidul digambarkan sebagai wanita yang cantik bagai bidadari dan menyenangi warna hijau. Itulah sebabnya di Pantai Palabuhanratu ada larangan bagi pengunjung agar tidak memakai baju atau atribut warna apapun yang berwarna hijau.

Bila pengunjung berkeras melanggar aturan itu, masyarakat setempat percaya ia akan ditarik ke laut untuk menjadi tentara atau pelayan sang ratu. Meskipun hal itu terdengar tak wajar dan tak masuk akal, nyatanya sudah beberapa kali pengunjung berbaju hijau hilang ditelan ombak.

Mitos ini bukan sembarang mitos karena masyarakat setempat sangat mempercayai kehadiran sang ratu penguasa pantai sehingga mereka rutin memberikan persembahan atau sesajen kepadanya. Pada bulan April rutin diadakan ritual upacara Hari Nelayan yang dimaksudkan untuk menghormati sang ratu atas rejeki dan perlindungannya kepada para nelayan selama melaut.

Nyai Roro Kidul sendiri memang dikenal dan sangat dihormati oleh masyarakat setempat. Bahkan banyak pendatang yang mengaku merasakan aura mistis Roro Kidul begitu menjejakkan kaki di Palabuhanratu. Terlepas dari benar tidaknya mitos itu, rasanya tak lengkap bila berkunjung ke Palabuhanratu tanpa benar-benar merasakan sendiri sensasi kehadiran Roro Kidul yang konon mendiami kamar 308 di Hotel Inna Samudera.

Hotel yang dulu bernama Samudera Beach Hotel itu didirikan oleh Presiden Soekarno di tahun 1962. Saat itu, hotel tersebut merupakan salah satu hotel berbintang yang mewah dan memiliki prestise sendiri karena dibangun bersamaan dengan Hotel Indonesia, Bali Beach Hotel dan Toserba Sarinah dan kemudian menjadi tempat-tempat kaum kelas atas menghabiskan akhir pekannya.

Layaknya hotel berbintang lainnya, Hotel Inna Samudera menawarkan berbagai kenyamanan dan fasilitas kepada para pengunjungnya. Namun bukan hal itu yang membuat hotel ini istimewa dan menarik banyak pengunjung kesana, melainkan sebuah kamar misterius bernomor 308.

Kamar tersebut disediakan pihak hotel sebagai tempat peristirahatan Nyai Roro Kidul, sehingga tidak disewakan sebagai kamar penginapan seperti kamar-kamar lainnya. Meskipun tidak disewakan untuk menginap, kamar ini tertata dan terawat dengan baik untuk menyenangkan sang ratu pantai. Nuansa kamar pun diatur sedemikian rupa dengan dominasi warna hijau yang dipercaya sebagai warna favorit Roro Kidul.

Para pengunjung hotel boleh mampir ke kamar ini dengan sejumlah syarat yang sudah ditentukan oleh pihak hotel. Beberapa syarat diantaranya harus mengucapkan salam saat masuk dan keluar kamar, tidak boleh berisik atau membuat kegaduhan, tidak boleh menyampah, tidak boleh berada di kamar selama lebih dari sejam, dan khusus wanita yang sedang haid dilarang masuk.

Nuansa hijau menyergap kamar mulai dari dinding, karpet, gorden hingga vas bunga. Namun yang membuat bulu kuduk pengunjung bergidik adalah sebuah lukisan besar bergambar Nyai Roro Kidul karya pelukis Basuki Abdullah yang tergantung di dinding.

Pengunjung yang datang ke kamar itu seringkali meletakkan berbagai ‘hadiah’ bagi sang Nyai diatas meja yang telah disediakan. Kebanyakan yang ditaruh di meja itu adalah bunga-bungaan dan barang-barang berwarna hijau, sehingga jangan heran bila kadang banyak merasa seperti masuk tempat pertapaan karena aroma bunga yang menyengat.

Kamar ini juga kerap dijadikan tempat semedi oleh para pengunjung. Bila ingin bersemedi di kamar misterius ini, Anda akan dikenakan tarif Rp125.000 untuk semedi selama satu jam. Pengunjung memang tidak boleh berlama-lama di kamar ini karena dikhawatirkan sang ratu merasa terganggu. Namun bila Anda memang sedang menginap di hotel ini, Anda sama sekali tak dikenakan tarif sepeserpun tapi tetap harus mematuhi syarat yang telah ditentukan.

Penasaran dengan keindahan pantai dan nuansa mistis kamar 308? Datanglah ke Palabuhanratu dan kunjungi kamar Nyai Roro Kidul di Hotel Inna Samudera
Share on Facebook Share on Twitter

Comments

72 responses to "Misteri Kamar 308 Hotel Inna Samudera Pelabuhan Ratu"

Tauriza on 11:31 AM, 03-Dec-11

hmz. .
Boleh t gan ng!nep d sna tapi kpan ya?

Denger2 ada crita yg menyatakan kalau Nyai ratu roro kidul ito berhubngan dengan sultan hamengkubuono IX
Apa bener t gan?

Http://arizta.mywapblog.com

mang kardun on 11:31 AM, 03-Dec-11

waladalah.... Aya aya bae manemah gkgkgk

VIDEO ORANG DI SEMBELIH VIDEO ORANG DI BAKAR HIDUP2 on 11:32 AM, 03-Dec-11

jdi kpngen kcnabiggrin

demakx ngeblog on 11:33 AM, 03-Dec-11

mantap sob

haidirfc on 11:43 AM, 03-Dec-11

hadir,met siank kwn

Yanz'rimba on 11:44 AM, 03-Dec-11

met siang sob..jdi pengen liat apa bener nyi roro kidul itu cantik...oke banget artikelmu sob makasih tlah berbagi

haidirfc on 11:48 AM, 03-Dec-11

kpan ea bsa ksana biggrin

Sepzz Czr'65 on 12:02 PM, 03-Dec-11

hadir sob. .
Serem juga nh. .
Low ad ksmptn mampir y k gubuk wink

cumcum on 12:39 PM, 03-Dec-11

maaf sob aku nggak komen,cumak hadir doank,nie cuapek pol

Nicholiz on 12:44 PM, 03-Dec-11

knpa yg dpilih 308 ya?ya udah dh suka 2 aja mgknbiggrin
Sip kang nambah lg pgetahuan gw,
Mksh n dilanjut

Uyunks on 01:03 PM, 03-Dec-11

Wah serem banget nih,untung ane jauh di kalimantan..hehebiggrin,makasih info nya sob..sukses ya.

endryct« on 01:16 PM, 03-Dec-11

Wah, jd penasaran nich mrgreen

Ayber on 01:18 PM, 03-Dec-11

Jawa emg bnyk mistisnysmile

@Antenk41 on 01:32 PM, 03-Dec-11

baca2 aja deh sob, ngeri

Budiskj on 01:47 PM, 03-Dec-11

keren sob artikelnya

Al Insan Gin on 01:47 PM, 03-Dec-11

Menarik jg critax. Kpan ya bsa b'kunjug ksna

Rizky Hermawan on 01:47 PM, 03-Dec-11

Met siang sob,
5af ane dtangnya telat...

Ane pmit dlu ya cz lgi bnyk yg update ne... wink

Linduaji on 01:52 PM, 03-Dec-11

oke ntar kalo ada rejeki...he..he..

BLACK ANGEL on 02:10 PM, 03-Dec-11

.pkoknya mantap sob. .lnjudkan. .

http://herubudiarto.mywapblog.com/ on 02:12 PM, 03-Dec-11

absen mazta kunjungan baliknya di tunggu http://pryztayulianti.blogspot.com

Ainudin on 02:41 PM, 03-Dec-11

kunjungan siang kang, , mf bru bz berkunjung. Coz t4 q sering mati listrikna. . biggrin

Nailul Marom on 03:15 PM, 03-Dec-11

smile
nice p0st s0b,,
maaf cma bsa mampir sbntar

AgustReyhand on 03:19 PM, 03-Dec-11

Absen smbil mbaca artikelx gan . . . :mrgreen

regar on 03:28 PM, 03-Dec-11

AJIB...........!!!
POSTINGAN yg OKE wink
wink ABSEN mas BRO...wink

amrull_Amri | prefer fair user™ on 03:29 PM, 03-Dec-11

absen sore kapan2 aja kesana nunggu duit lebih. .smile thanks tlh brbagi. . .

BLACK LIONESS on 03:39 PM, 03-Dec-11


@Taurizaa: coba sob ke post aku yg membahas ratu kidul di sini: http://blackfiles.mywapblog.com/kanjeng-ratu-kidul.xhtml

@mang Kardun: emang adanya gitu kok sob

@VIDEO NGERI: aku jg pingin ke sana sob

@demakx ngeblog: thx sob

@haidirfc: met sore sob

@Sepzz: ok sob

@cumcum: lha yg km tulis itu bukan komen? hehe..

@Nikholiz: waduh, kalo itu aku jg gak th sob, hehe..

@Uyunks: haha..thx sob

@endryct: dateng aja langsung sob, biar gak penasaran

@Ayber: bnr bgt sob, itulah pulau jawa

BLACK LIONESS on 03:52 PM, 03-Dec-11


@Antenk41: jiah...masak gitu udah ngeri sih sob??

@Budiskj: thx ea sob

@Al Insan Gin: thx ea sob udah mampir

@Rizky Hermawan: ok sob, lanjut

@Linduaji: amin aja deh, hehe..

@BLACK ANGEL: ok sob, thx ea

@herubudiarto: thx udah mampir ea sob

@Ainudin: ok sob, gpp kok

@Nailul Marom: ok deh sob

@Agustreyhand: monggo sob

@regar: ok sob, makasi ea

@Amrull_Amri: haha..mg cpt terkumpul ea sob

Ghost Story on 03:55 PM, 03-Dec-11

Nice info, walaupun agak klenik hhe smile

BLACK LIONESS on 04:06 PM, 03-Dec-11


@Ghost Story: klenik tak jauh dari misteri sob,hehe..

MLM◆life ™ on 04:41 PM, 03-Dec-11

Jadi pengen nyoba... Kesana

Gigih212 on 04:44 PM, 03-Dec-11

Kira-kira Kamar 212 ada yang Angker ga' yahh?
xixixix

Akbar Abdillah on 05:33 PM, 03-Dec-11

serem sob, rmh ane dkt laut..

Dhanjeung | Collection Of The Latest Applications on 05:44 PM, 03-Dec-11

mantabbb sob... Thx udah dishare
Ane juga pernah kesana.. Wih.... Ombaknya dahsyat bener saat ane berdiri dipinggir pantai diatas batu.. Wih.. Mantabb

Irul Rindu Mywapblog on 05:59 PM, 03-Dec-11

maaf lelet kawan. Soal ny pekerjaan gak kelar2. . Ijin bca bntr ea?

BLACK LIONESS on 06:07 PM, 03-Dec-11


@MLM live: mau cari wangsit ea sob, hehe...

@Gigih212: itu pasti kamarnya wiro sableng, hehe...

@Akbar Abdillah: enak dong sob, bs mancing tiap hari

@Dhanjeung: tp pasti gak mampir ke kamar itu kan?? hehe..

vick bim-bim on 06:08 PM, 03-Dec-11

pertamax nich,,,
metz coure aj,,,

BLACK LIONESS on 06:14 PM, 03-Dec-11


@Irul Rindu Mywapblog: ok sob, silakan dilanjut

@Vick Bim-Bim: maaf sob pertamaxnya dah sold out dr td, hehe... met petang aja

Fi®mAn ™ on 07:23 PM, 03-Dec-11

wah p0stingnya mantep2. . . Jadi pengen berkunjung k h0tel it gan. . . Ijin f0ll0w. . . Jgn lupa f0lback y gan.

BLACK LIONESS on 07:49 PM, 03-Dec-11


@Fi®mAn ™: thx udah mampir sob, segera ke tkp

Fery S6v3 on 08:37 PM, 03-Dec-11

wis mantap surantap kangbiggrin

Iwanwahyu on 09:26 PM, 03-Dec-11

Aku khawatir terhadap suatu masa
yang rodanya menggilas keimanan
Keyakinan hanya tinggal pemikiran,
yang tak berbekas dalam perbuatan.
Banyak orang yang tidak berakal,
Ada orang berakal tapi tak beriman, Ada lidah fasih tapi berhati lalai, Ada yang khusyuk namun sibuk dalam
kesendirian,
Ada yang murah senyum tapi hatinya
mengumpat.
Ada yang berhati tulus tapi wajahnya
cemberut Ada yang berlisan bijak tapi tak
memberi teladan
Ada pezina yang tampil jadi figur Ada orang punya ilmu tapi tak paham
Ada yang paham tapi tak menjalankan Lalu diantara semua itu dimana kah
kita berada

Sunan on 11:22 PM, 03-Dec-11

Sebenarnya nyi roro kidul berapa banyak seh?
Soalnya di pantai selatan dkt tempat tinggal kami namanya jg nyi roro kidul, belum lg tetangga kota daerah kami.

BLACK LIONESS on 05:14 AM, 04-Dec-11


@fery s60v3: haha..tengkyu ea sob

@Imanwahyu: yang jelas kita ttp berharap berada dalam keridho an Nya sob, bukan restu jin/setan yang seringkali menyesatkan

@Sunan: menurut legenda, Kanjeng Ratu Kidul adalah penguasa pantai selatan jawa, itu berarti semua pantai di utara jawa adalah wilayah kekuasaannya, utk lebih lengkapnya, coba sobat baca di: http://blackfiles.mywapblog.com/kanjeng-ratu-kidul.xhtml

Prima on 07:28 AM, 04-Dec-11

pagi 0m...absen.

Fery S6v3 on 07:38 AM, 04-Dec-11

hadir lagi kang

Ijolumut'z on 08:29 AM, 04-Dec-11

Ok Sob, makasih.. biggrin

Fajar Suhud Laksana~Fajr'z Blog on 08:51 AM, 04-Dec-11

Mantap,,jadi merinding nich..hehee

BLACK LIONESS on 09:42 AM, 04-Dec-11


@Prima: pagi juga sob

@Fery s6v3: ok sob, thx ea

@Ijolumutz: kembali kasih sob

@Fajar suhud: haha..pagi2 kok udah merinding

Mahrus Symbianisty on 03:49 PM, 04-Dec-11

wihh,,serem jg thu kamar..
Biasa kmar serem no.13..biggrin

Achmad Reza on 04:35 PM, 04-Dec-11

ih serem..

Bujank on 04:38 PM, 04-Dec-11

cantik paleng penghuninya biggrin jd pnsaran razz

BLACK LIONESS on 04:56 PM, 04-Dec-11


@Mahrus Symbianisti: kan gak pernah ada kamar no 13 sob, hehe..

@Ahmad Reza: pasti itu sob

@Bujank: ada yg bilang gitu sih sob

Other Side ⡩ on 07:37 PM, 04-Dec-11

itu kamar nya nyi roro kidul ya sob???

BLACK LIONESS on 09:55 PM, 04-Dec-11


@Other Side ⡩: katanya sih gitu sob

Afrin on 10:12 PM, 04-Dec-11

nice info kang,kemaren ane jg habis dr pantai selatan kang,tp daerah jogja,Parangtritis..di situ kn jg masih daerah kekuasaan Ibu Ratu ya kang?

minority on 10:41 PM, 04-Dec-11

nyimak

Belajar Seo on 06:10 AM, 05-Dec-11

Mantep ni blog,lanjut saya suka cerita misteri

Achmad Reza on 06:20 AM, 05-Dec-11

hadir.. Sob

BLACK LIONESS on 08:15 AM, 05-Dec-11


@Afrin: konon sepanjang pesisir pantai selatan pulau jawa adalah wilayah kekuasannya sob

@minority : ok sob

@Belajar Seo: thx bnyak sob

@Achmad Reza: langsung tercatet sob, hehe...

®Propolis|blog herbal® on 01:01 PM, 14-Dec-11

Wiw ngeri sob. .

BLACK LIONESS on 01:27 PM, 14-Dec-11


@®Propolis|blog herbal®: ngeri tidaknya tergantung masing2 individu sob, hehe...

Putri on 09:50 AM, 25-Apr-12

Penasaran bngetzzzzzzz jadi pingin kesana

dina on 10:36 AM, 02-Jan-13

Jadii pengen ΒA̶̲̥̅̊N̶̲̥̅̊G̶̲̥̅̊ξƬ kesna, penasaran

jadul on 04:22 PM, 12-Jan-13

jin kok dipuja! Dasar manusia tak beriman!

harimyurid on 09:05 AM, 29-Jan-13

serem banget cerita nya,jadi pngin kecna..
hikss

richo on 08:43 AM, 28-Mar-13

Aya aya wae,bener gak sih?

@billaasallsa on 01:24 PM, 04-Jun-13

biggrin ..

ai on 12:27 PM, 08-Jun-13

bgaimana ya perazaan ea/

fathan on 07:05 AM, 22-Jun-13

Iih bnr Ɣªª kya Ɣªήğ aku liat d bioskop kmr 308 syarat2nya sma Bªªngëêé†z serem x_x

rahma lidya on 07:12 PM, 22-Jun-13

Hmmm ....
Jadi penasara apa mitosnya bener apa ga , jadi pengen kesana dan mencoba masuk kekamar 308 , dan pengen ketemu sama sang ratu nyai roro kidul apa bener dia cantik seperti bidadari smile and pengen bilang sama dia kok gua ga cantik seperti dia hehehe

icha pertiwy on 03:57 PM, 22-Nov-13

kalo gua bisa masuk ke kamar 308 gua pengen tapa trus minta ma nyi loro kidul biar gua bisa cantik seperti dy wkwkwkwkwkwk

yongky on 12:36 PM, 24-Nov-13

semalem aku bis nonton film nya seru banget

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)