Replika Baju Nabi Adam

Posted by BLACK LION on 08:56 PM, 16-Sep-11



Baju tersebut hanyalah replika dibuat di Jeddah, Arab Saudi. Sekadar untuk melihat setinggi manakah rupa bentuk Nabi Adam A.S.

Seorang pemuda Saudi Hamdan al Mas’udiy melakukan sebuah proyek pembuatan baju Bapak kita, Nabi Adam ‘Alaihissalam. Ide itu muncul setelah membaca sirah Nabi Adam ‘Alaihisalam.. Lalu dia melakukan proyek tersebut berdasarkan apa yang disebutkan dalam sirah dan hadits-hadits Nabi yang menjelaskan bahwa tingginya adalah 60 hasta ((1 Kaki = 30 cm, 1 hasta = 1,5 kaki, jadi 60 hasta = 90 kaki = 30 meter). Maka diapun ingin membuat baju dengan ukuran bapak kita Adam agar manusia bisa mengetahui ukuran Nabi Adam yang sebenarnya.


Demikian haditsnya;

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ z عَنِ النَّبِيِّ n قَالَ: خَلَقَ اللهُ آدَمَ وَطُولُهُ سِتُّوْنَ ذِرَاعًا ثُمَّ قَالَ: اذْهَبْ فَسَلِّمْ عَلَى أُولَئِكَ مِنَ الـْمَلاَئِكَةِ فَاسْتَمِعْ مَا يُحَيُّوْنَكَ تَحِيَّتَكَ وَتَحِيَّةَ ذُرِّيَّتكَ. فَقَالَ: السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ. فَقَالُوْا: السَّلاَمُ عَلَيْكَ وَرَحْمَةُ اللهِ. فَزَادُوهُ وَرَحْمَةُ اللهِ، فَكُلُّ مَنْ يَدْخُلُ الْـجَنَّةَ عَلَى صُورَةِ آدَمَ، فَلَمْ يَزَلِ الْـخَلْقُ يَنْقُصُ حَتَّى الْآنَ

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, dari Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Allah menciptakan Adam dan tingginya 60 dzira’ (hasta). Kemudian Allah berfirman kepada Adam: ‘Pergilah, ucapkan salam kepada mereka para malaikat. Lalu dengarlah salam mereka kepadamu, sebagai salammu dan salam keturunanmu!’ Maka Adam berkata: ‘Assalamu’alaikum.’ Malaikat-malaikat Allah menjawab: ‘Assalaamu’alaika warahmatullah’ –mereka menambahnya dengan ‘warahmatullah’. Maka semua orang yang masuk jannah (tinggi badannya) seperti Adam. Dan manusia terus menerus berkurang (ketinggiannya) hingga saat ini.”[ Hadits shahih muttafaqun ‘alaihi]



Berikut ini rincian penjahitan baju tersebut:

Lama penjahitan baju itu adalah 18 hari.

Adapun jumlah gulungan kain yang digunakan dalam penjahitan pakalan itu adalah 40 gulungan dan 30 ribu gulungan benang.



Adapun panjang pakaian itu seperti berikut ini:

Panjang pakaian: 29 m

Lebar antara dua pundak 9 m, lebar dan bawah adalah 12 m

Panjang lengan 10 m, lingkar leher 6 m - kerahnya (diameter lingkar leher) 2 m.


Demikianlah adanya seandainya bapak Nabi Adam , ingin memakai baju yang sesuai dengan ukuran yang disebutkan dalam sunnah Nabi , maka seperti baju ini.

Pemiliki ide ini dibantu oleh 4 orang penjahit. Pakaian itu diletakkan di salah satu lappangan di depan pintu gawang agar orang-orang yang melihat bisa mengkhayalkan bagaimana tubuh
bapak kita Adam Alaihi salam
Share on Facebook Share on Twitter

Comments

18 responses to "Replika Baju Nabi Adam"

Fuadi on 09:07 PM, 16-Sep-11

hembiggrin knp mnusia smkin mengecil?

My life music on 09:13 PM, 16-Sep-11

Wahhh..., kalau kita muat berapa orang ya di dalam nya..?
www.komunitasmwb.indo.su

S'39'|RemaQo on 09:36 PM, 16-Sep-11

ikutan nyimak sob

Ryudian Gerald Funk on 09:36 PM, 16-Sep-11

maennya benter bgt ...
5 menit udah W.O

Ryudian Gerald Funk on 09:44 PM, 16-Sep-11

maennya benter bgt ...
5 menit udah W.O

Ijolumut'z on 12:39 AM, 17-Sep-11

Mantep 8)

Dhanjeung | Collection of Applications on 01:35 AM, 17-Sep-11

hmmm tinggi banget ya sob,, makin hari semakin pendek aja ya kita sebagai manusia

Dhanjeung | Collection of Applications on 01:39 AM, 17-Sep-11

hmmm tinggi banget ya sob,, makin hari semakin pendek aja ya kita sebagai manusia

Allitian on 02:09 AM, 17-Sep-11

hadeu....h
ama raksasa gedean mana y...?

Tauriza on 05:26 AM, 17-Sep-11

iya gan, mengapa manusia smkn mengecil

Black Lion on 06:59 AM, 17-Sep-11

@My Live Music: yg jlas banyak org sobbiggrin

@S'39: monggo sobbiggrin

@Ryudian: maksudnya apa sob?

@Allitian: tuh kan jg raksasa jg sobbiggrin

@Fuadi+Dhanjeung+Tauriza: mgkn itu bntuk evolusi yg sebenarnya, smakin lm manusia akn bertambah bnyk, seandainya kita msh sebesar nabi adam, bayangkan aja sesaknya kyk apa dunia kita skrg, Allah Maha Adil kan?wink

Hairul on 08:09 AM, 17-Sep-11

aduh lagi lagi telat. Mf y sob. .
pnyakit gak kunjung smbuh ni dri bdan. Kmrn skit ati dah skrang skit gigi. . Emm hehe
met aktvtas y? Mntep posna.!!

Achir on 11:38 AM, 17-Sep-11

besar amet kang..

Dorry on 11:54 AM, 17-Sep-11

mantap sob.

kangjack on 02:29 PM, 17-Sep-11

Makasih infonya sob, maaf cuma bisa mampir sebentar nih, lagi ada perlu.

The Otherside of Kangjack
http://mylove.mywapblog.com

Black Lion on 02:55 PM, 17-Sep-11

@Hairul: ok deh sob, mg cpt baikan ya

@Achir: kan emang itu buat nabi adam sobmrgreen

@Dorry: haha..biggrin

@Kangjack: woke kang, lanjoooootbiggrin

No Name on 08:28 AM, 02-Apr-14

Berarti waktu itu Nabi Adam gak pake baju?

leo on 01:04 AM, 24-Apr-14

assalamuallaikum..
knapa kta sbagai orang jman sekarang makin mengecil karena klo orang semuanya tingginya sperti nabi adam atau bapak kita dunia tidak muat, krena sekarang orang semakin lama semakin banyak .... wasallam

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)