Gunung Berapi Raksasa Akan Muncul di Bawah Arab Saudi

Posted by BLACK LION on 07:22 AM, 11-Dec-11



Gunung Berapi
Gempa ribuan kali itu terjadi tahun 2009. Melanda Harrat Lunayyir, daerah barat laut Arab Saudi, gempa itu mencenggangkan para ahli. Sebab di wilayah terpencil itu tak ada gunung berapi. Jadi sulit menemukan alasan mengapa gempa terjadi sesering itu.

Setahun lebih melakukan penelitian, para ahli itu menemukan alasan mengapa bumi sering bergoyang. Di bawah tanah di lokasi gempa itu, terdapat lava (cairan magma pijar) dengan jumlah yang luar biasa besar. Lava raksasa itulah yang diduga memantik rangkaian gempa.

Sebagaimana dilansir msnbc edisi 27 September 2010, para ilmuwan menyebutkan hamparan lava di daerah itu sangat luas. Saking luasnya hamparan lava itu menyebabkan daerah itu disebut sebagai “Provinsi Lava”. Dalam bahasa Arab, Harrat memang berarti hamparan lava.
Hamparan lapangan lava di dalam tanah itu mencapai sekitar 180.000 kilometer persegi. Lapangan lava itu terbentuk sejak 30 juta tahun lalu, atau sejak Saudi memisahkan diri dari Afrika, yang diduga menjadi salah satu pemicu terbentuknya Laut Merah.
Semula hampir semua ahli geologi menduga bahwa bagian barat laut Arab Saudi itu termasuk wilayah yang tenang. Tetapi, beberapa gempa bumi dan letusan gunung berapi yang terjadi belakangan ini mengubah segalanya. Daerah itu kini diduga sebagai lokasi vulkanik aktif.
Pada bulan April dan Juni 2009 lebih dari 30.000 gempa bumi melanda lapangan lava kuno itu. Sebanyak 19 gempa bumi tercatat sebesar 4 pada skala richter.
Puncaknya pada 19 Mei 2009, terjadi gempa berskala 5,4 skala richter yang menyebabkan dinding rumah warga kota Al Mandy mengalami kerusakan. Sensor gempa bahkan menyebutkan tidak menutup kemungkinan akan terjadi letusan gunung berapi. Saat itu, pemerintah Arab Saudi mengevakuasi sekitar 40.000 penduduk dari lokasi.
John Pallister, vulkanologis dan Kepala US Geological Survey (USGS) untuk program bantuan bencana gunung api, mengatakan bahwa proses pembentukan Laut Merah masih berhubungan dengan rantai gunung berapi dan hamparan lava di bawah tanah itu.
Share on Facebook Share on Twitter

Comments

40 responses to "Gunung Berapi Raksasa Akan Muncul di Bawah Arab Saudi"

mang kardun on 07:43 AM, 11-Dec-11

ijin req juga donk tan apakah hape haram...? Xixixi.... Komeng nulu maru baca piss....

Taufik Adiluhur on 07:54 AM, 11-Dec-11

absen pagi brada, berarti sebelum gempa 2009 belum diketahui keberadaan lava tersebut ya brada?

Budiskj on 08:04 AM, 11-Dec-11

thx sob infonya

cumcum on 08:06 AM, 11-Dec-11

maaf kang nie nggak bisa lama'' absen dulu nanti balik lagi.karena ini masih sibuk

Yanz'rimba on 08:09 AM, 11-Dec-11

gimana kabarnya pagi ini sob..gie happy ya ..ups! Ane baca dulu artikel mu ya soalnya belum beres bacanya..makasih

BLACK LIONESS on 08:46 AM, 11-Dec-11


@mang kardun: wew..emang siapa sih yg mau mengharamkan hp, aya2 wae atuh

@Taufik Adiluhur: bener sob, karena gempa di thn itulah para ahli mulai meneliti, karena sebelumnya tdk pernah terjadi, akhirnya mereka menemukan tumpukan lava tsb

@Budiskj: thx juga dah mampir kembali sob

@Cumcum: ok sob, silakan dilanjut dl

@Yans'rimba: alhamdulillah selalu baik sob, ok..silakan diteruskan

minority on 08:54 AM, 11-Dec-11

absen gan

Dhanjeung | Collection Of The Latest Applications on 08:56 AM, 11-Dec-11

waow mantabb

Amir on 09:20 AM, 11-Dec-11

wah gak nyangka bisa gitu.

Dharmawan newbie on 09:26 AM, 11-Dec-11

nyimak aja sob. Skalian ijin buka buka yg lain. Saya terkesan dgn smua artikel yg sobat tulis

Rnb_serdadufals on 09:29 AM, 11-Dec-11

wah mau kiamat kali ya kang,,gunung pd bermunculan

Achmad Imron on 09:32 AM, 11-Dec-11

hadir kng

Linduaji on 09:39 AM, 11-Dec-11

pendek amat sob, tapi top kok..

Ainudin on 09:51 AM, 11-Dec-11

waduh, wah tak bz byangkan lok sampai meletus. .hmm

Irul Rindu Mywapblog on 10:05 AM, 11-Dec-11

met pagi jelang siang bro. Wah aku kyk nya gak bsa lma2 bro, soal ny mau borongin yang update. Banyak bnget ne. . .
y udah met brlbur ja ea? Moga mnynangkan liburan nya. Hehe

Uyunks on 10:19 AM, 11-Dec-11

Thanks info nya sob,baru tau ane..sukses dan lanjutkan sobbiggrin

Arya on 10:35 AM, 11-Dec-11

absen sista selamat ber akhir pekan

Bujank on 10:36 AM, 11-Dec-11

Siang, hbs baca bru coment biggrin

Ijolumut'z on 10:38 AM, 11-Dec-11

Tak bisa membayangkan deh, hamparan lava seluas 180.000 km2. rolleyes

Sarilah on 10:58 AM, 11-Dec-11

Mantap bro.kalo dijawa dibawah tanah ada ga?

Bagus on 10:59 AM, 11-Dec-11

waaahhh...bnran tu?
absen pagi ya mrgreen

Kang Memet on 11:38 AM, 11-Dec-11

Mantab c0y.. Tpi jngan indonesia ada gunung brapi lgi.. Dah bnyak gunung brapi? lol 8

BLACK LIONESS on 11:43 AM, 11-Dec-11


@minority: ok sob

@Dhanjeung: thx sob

@Amir: ea sob, seseuatu yg gak pernah diperkirakan sebelumnya

@Dharmawan Newbie: ok sob, silakan dilanjut

@Rnb_serdadufals: bisa jadi begitu sob

@Ahmad Imron: thx udah mampir sob

@Linduaji: haha..minggu gak usah ksh yg berat2 sob, yg penting bs updated

@Ainudin: tentunya sangat fatal sob kerusakan yg ditimbulkan

@Irul: ok deh sob

@Uyunks: sukses jg buat km ea sob

BLACK LIONESS on 11:48 AM, 11-Dec-11


@Arya: ok sob, met liburan jg

@Bujank: ok sob, lanjut aja

@Ijolumutz: pasti sangat dahsyat sob

@Sarilah: tentu saja ada sob, jawa termasuk dlm cincin/lingkaran api pasifik, ini terbukti dr banyaknya gunung berapi yg ada di pulau Jawa

@Bagus: bener sob, udah diteliti sama oleh para ahli

BLACK LIONESS on 11:51 AM, 11-Dec-11


@Kang Memet: jawa emang pulaunya gunung berapi sob, hehe..

Cabax Cc on 12:31 PM, 11-Dec-11

Wih... Serem..

Alfand™ on 12:35 PM, 11-Dec-11

haadirR,.. Knjngan tlat ni. Hehe..
ow,.. Jadi itu y yg menjadi salah satu pemicu
terbentuknya Laut Merah.
Mungkn aj y..

fin788™ on 12:38 PM, 11-Dec-11

Met Pagi Sob, mampir absen... smile



arrow http://fin788.pun.bz

Rizkycandra on 01:09 PM, 11-Dec-11

nice post sob..
Top lah... Lanjutkan

Setalar39 on 03:02 PM, 11-Dec-11

wah kalo bnr2 muncul, maka akan sangat mengerikan sob, thx ea smile

Afif on 03:54 PM, 11-Dec-11

handir smile tapi ga koment dlu

AgustReyhand on 04:03 PM, 11-Dec-11

Sngt bgus sob infox . . .

Trima ksh sdh di share artikelx sngt bgus skali . . .

Bgaimana nasib orang yg tinggal disana yah . . .


biggrin thx sob

demakx ngeblog on 04:53 PM, 11-Dec-11

akan kah terjadi kiamat sob, thnks uda d kasi tau

Topik on 06:06 PM, 11-Dec-11

saya telat lagi...hiihi...
Mantap mas infonya...

Rizky Hermawan on 06:28 PM, 11-Dec-11

5af sob ru smpat brkunjung ne,
mkin mantap aja ne artikelnya smile

Nailul Marom on 07:26 PM, 11-Dec-11

maaf s0b kalau tlat,
trlalu sbux d dunia nyta ug
ttp smgat!!

afrin on 07:54 PM, 11-Dec-11

wah selalu ada ilmu baru di sini kang,thx ya,jgn lupa folbak ya kang biggrin

Randryant on 08:17 PM, 11-Dec-11

eekwah, bahaya tu

BLACK LIONESS on 04:29 AM, 12-Dec-11


@Cabax cc: banget

@Alfand: begitulah sob

@Fin788: pagi jg sob

@Rizkycandra: ok sob, thx ea

@Setalar38: pasti itu sob

@Afif: ok deh

@Agusreyhand: sebagian udah dievakuasi sob

@demakx ngeblog: kiamat itu pasti terjadi sob, tinggal nunggu waktu aja kan?

@Topik: ok sob, gpp kok

@Rizky Hermawan: thx ea sob

@Nailul Marom: ok sob

@Afrin: thx sob, segera follback

@Randryant: jelas bahaya sob

Nike Air Yeezy 2 on 11:12 PM, 11-Oct-12

Thanks for another informative web site. Where else could I am getting that kind of info written in such an ideal approach? I have a challenge that I am just now operating on, and I have been at the look out for such information.
Nike Air Yeezy 2 http://www.trade-inchina.com/Nike-air-yeezy-c1416.html

Subscribe to comment feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Comment:
(You can use BBCode)