Si Pitung, "Robinhood" dari Betawi

Di posting oleh BLACK LION pada 07:52 AM, 08-Nov-11
pasti sobat-sobat pernah nonton film Si Pitung, nah...postingan saya kali ini membahas tentang kehidupan Si Pitung yang sebenarnya, Si Pitung yang tak cuma legenda Betawi



Si Pitung, berdasarkan cerita rakyat (folklore) yang masih hidup di masyarakat Betawi, sejak kecil belajar mengaji di langgar (mushala) di kampung Rawa Belong. Dia, menurut istilah Betawi, ‘orang yang denger kate’. Dia juga ‘terang hati’, cakep menangkap pelajaran agama yang diberikan ustadznya, sampai mampu membaca (tilawat) Alquran. Selain belajar agama, dengan H Naipin, Pitung –seperti warga Betawi lainnya–, juga belajar ilmu silat. H Naipin, juga guru tarekat dan ahli maen pukulan.


rumah Si Pitung yang telah dijadikan Cagar Budaya

Suatu ketika di usia remaja –sekitar 16-17 tahun, oleh ayahnya Pitung disuruh menjual kambing ke Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dari kediamannya di Rawa Belong dia membawa lima ekor kambing naik gerobak. Ketika dagangannya habis dan hendak pulang, Pitung dibegal oleh beberapa penjahat pasar. Mulai saat itu, dia tidak berani pulang ke rumah. Dia tidur di langgar dan kadang-kadang di kediaman gurunya H Naipan. Ini sesuai dengan tekadnya tidak akan pulang sebelum berhasil menemukan hasil jualan kambing. Dia merasa bersalah kepada orangtuanya. Dengan tekadnya itu, dia makin memperdalam ilmu maen pukulan dan ilmu tarekat. Ilmu pukulannya bernama aliran syahbandar. Kemudian Pitung melakukan meditasi alias tapa dengan tahapan berpuasa 40 hari. Kemudian melakukan ngumbara atau perjalanan guna menguji ilmunya. Ngumbara dilakukan ke tempat-tempat yang ‘menyeramkan’ yang pasti akan berhadapan dengan begal.

Salah satu ilmu kesaktian yang dipelajari Bang Pitung disebut Rawa Rontek. Gabungan antara tarekat Islam dan jampe-jampe Betawi. Dengan menguasai ilmu ini Bang Pitung dapat menyerap energi lawan-lawannya. Seolah-olah lawan-lawannya itu tidak melihat keberadaan Bang Pitung. Karena itu dia digambarkan seolah-olah dapat menghilang. Menurut cerita rakyat, dengan ilmu kesaktian rawa rontek-nya itu, Bang Pitung tidak boleh menikah. Karena sampai hayatnya ketika ia tewas dalam menjelang usia 40 tahun Pitung masih tetap bujangan.

Si Pitung yang mendapat sebutan ‘Robinhood’ Betawi, sekalipun tidak sama dengan ‘Robinhood’ si jago panah dari hutan Sherwood, Inggris. Akan tetapi, setidaknya keduanya memiliki sifat yang sama: Selalu ingin membantu rakyat tertindas. Meskipun dari hasil rampokan terhadap kompeni dan para tuan tanah yang menindas rakyat kecil.

Sejauh ini, tokoh legendaris si Pitung dilukiskan sebagai pahlawan yang gagah. Pemuda bertubuh kuat dan keren, sehingga menimbulkan rasa sungkan setiap orang yang berhadapan dengannya. Dalam film Si Pitung yang diperankan oleh Dicky Zulkarnaen, ia juga dilukiskan sebagai pemuda yang gagah dan bertubuh kekar. Tapi, menurut Tanu Trh dalam ‘Intisari’ melukiskan berdasarkan penuturan ibunya dari cerita kakeknya, Pitung tidak sebesar dan segagah itu. ”Perawakannya kecil. Tampang si Pitung sama sekali tidak menarik perhatian khalayak. Sikapnya pun tidak seperti jagoan. Kulit wajahnya kehitam-hitaman, dengan ciri yang khas sepasang cambang panjang tipis, dengan ujung melingkar ke depan.”

Menurut Tanu Trh, ketika berkunjung ke rumah kakeknya berdasarkan penuturan ibunya, Pitung pernah digerebek oleh schout van Hinne. Setelah seluruh isi rumah diperiksa ternyata petinggi polisi Belanda ini tidak menemukan si Pitung. Setelah van Hinne pergi, barulah si Pitung secara tiba-tiba muncul setelah bersembunyi di dapur. Karena belasan kali berhasil meloloskan diri dari incaran Belanda, tidak heran kalau si Pitung diyakini banyak orang memiliki ilmu menghilang. ”Yang pasti,” kata ibu, seperti dituturkan Tanu Trh, ”dengan tubuhnya yang kecil Pitung sangat pandai menyembunyikan diri dan bisa menyelinap di sudut-sudut yang terlalu sempit bagi orang-orang lain.” Sedang kalau ia dapat membuat dirinya tidak tampak di mata orang, ada yang meyakini karena ia memiliki kesaksian ‘ilmu rontek’.

Beberapa minggu kemudian, dari mulut ke mulut mereka mendengar si Pitung atau Bang Pitung meninggal dunia, setelah tertembak dalam pertarungan tidak seimbang dengan kompeni. Bagi warga Betawi, kematian si Pitung merupakan duka mendalam. Karena ia membela rakyat kecil yang mengalami penindasan pada masa penjajahan Belanda. Sebaliknya, bagi kompeni sebutan untuk pemerintah kolonial Belanda pada masa itu, dia dilukiskan sebagai penjahat, pengacau, perampok, dan entah apa lagi.

Jagoan kelahiran Rawa Belong, Jakarta Barat, ini telah membuat repot pemerintah kolonial di Batavia, termasuk gubernur jenderal. Karena Bang Pitung merupakan potensi ancaman keamanan dan ketertiban hingga berbagai macam strategi dilakukan pemerintah Hindia Belanda untuk menangkapnya hidup atau mati. Pokoknya Pitung ditetapkan sebagai orang yang kudu dicari dengan status penjahat kelas wahid di Betawi.

Bagaimana Belanda tidak gelisah, dalam melakukan aksinya membela rakyat kecil Bang Pitung berdiri di barisan depan. Kala itu Belanda memberlakukan kerja paksa terhadap pribumi termasuk ‘turun tikus’. Dalam gerakan ini rakyat dikerahkan membasmi tikus di sawah-sawah disamping belasan kerja paksa lainnya. Belum lagi blasting (pajak) yang sangat memberatkan petani oleh para tuan tanah.

Si Pitung, yang sudah bertahun-tahun menjadi incaran Belanda, berdasarkan cerita rakyat, mati setelah ditembak dengan peluru emas oleh schout van Hinne dalam suatu penggerebekan karena ada yang mengkhianati dengan memberi tahu tempat persembunyiannya. Ia ditembak dengan peluru emas oleh schout (setara Kapolres) van Hinne karena dikabarkan kebal dengan peluru biasa. Begitu takutnya penjajah terhadap Bang Pitung, sampai tempat ia dimakamkan dirahasiakan. Takut jago silat yang menjadi idola rakyat kecil ini akan menjadi pujaan.


makam Si Pitung di Tapos Depok


ref: http//id.wikipedia.org
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

65 tanggapan untuk "Si Pitung, "Robinhood" dari Betawi"

Arisanthox pada 08:06 AM, 08-Nov-11

nice info'y gan...

Http://arisanthox.mywapblog.com

wa sablawi pada 08:10 AM, 08-Nov-11

waaw kuren pagi pagi sarapan si pitung xixixi tutung dah ekeu biggrin piss

Ditdoth pada 08:12 AM, 08-Nov-11

Absen pagi + nyimak aja yahsmile

Ainudin pada 08:12 AM, 08-Nov-11

page gan, ceritane apik kie.he

Tauriza pada 08:13 AM, 08-Nov-11

si pitung jagoan dari betawi

» MLM♥life™ pada 08:17 AM, 08-Nov-11

Kalau kita berbacklink dengan blog pr tinggi, otomatis google punya nili plus buat blog kita.., maka nanti nya blog kita juga akan cepat dapat pr

Afrin pada 08:18 AM, 08-Nov-11

met pagi kang,pagi2 gni udah dpt sejarah btawi,mantap dah n lanjutkan razz

@Antenk41 pada 08:35 AM, 08-Nov-11

post-nya mantap sam.. jempol deh biggrin

Setalar39 pada 08:35 AM, 08-Nov-11

wah cerita yg melegenda sob smile makasih ea infonya smile

» MLM♥life™ pada 08:46 AM, 08-Nov-11

Pitung emang siip dah...,

BLACK ANGEL pada 08:52 AM, 08-Nov-11

.artikel.a bguz s0b. .ttap smangat biggrin

Arya pada 08:54 AM, 08-Nov-11

absen+ nyimak si pitung dari betawi emang tokoh ter kenal

Sunan pada 08:56 AM, 08-Nov-11

Sip!
Nanya? Bang pitung hidup di era berapa sob? Thx..

BLACK LION pada 08:56 AM, 08-Nov-11

@Arisanthox: tq dah mampir sobwink

@VIDEO NGERI>>: haha..biggrin

@wa sablawi: ni orang gonta ganti nama mlulubiggrin

@Ditdoth: pagi jg sobbiggrin

@Ainudin: iyo sobbiggrin

@Afrin: pagi jg ahbiggrin

@Tauriza: kalo sakerah jagoan dr maduramrgreenhihi..

@» MLM♥life™: ok, makasi atas smua penjelasannya sobsmile

@Antenk41: nowus sambiggrin

@Setalar39: makasih jg dah nyempetin ke sini, pdhl lagi ngajar tu kayaknya:Mrgreen:hihi...

Irul belajar ngeblog pada 09:06 AM, 08-Nov-11

jiah mantap kang. . Ejen nymak dlu ea? Met page.? mrgreen

BLACK LION pada 09:12 AM, 08-Nov-11

@BLACK ANGEL: woke tq sobbiggrin

@Arya: yup, bener bgt sobsmile

@Sunan: si Pitung hdp di masa penjajahan Belandan tepatnya thn 1874-1903, mohon koreksi jika salahwink

@Irul belajar ngeblog: ok dah < met pagi jgbiggrin

Randryant pada 09:16 AM, 08-Nov-11

hadir kangbiggrin

Dhanjeung | Collection of Applications pada 09:42 AM, 08-Nov-11

owh kirain sipitung itu cuma cerita,, e emang ada ya sob,,

●๋•ηι¢є ιηƒσ●๋•
▒η♪ç€ ♪ηŦ☼▒
¤ηι¢є ιηƒσ¤

▓тнαηк ソσυ ƒσя ѕнαяιηg тнιѕ ιηƒσямαтιση▓

Ghost Story pada 09:58 AM, 08-Nov-11

Katanya mayat pitung itu terpotong beberapa bagian lalu dibiarkan terpisah, karena apabila menyatu dia akan hidup kembali apa benar? Coba bisa ditambah infonya lagi bro?

al.awwabin pada 10:18 AM, 08-Nov-11

wah kren kang artikel y.. ijin baca dulu ia kang wink

BLACK LION pada 10:30 AM, 08-Nov-11

@al.awwabin: monggo sobbiggrin

BLACK LION pada 10:32 AM, 08-Nov-11

@Ghost Story: itu cm mitos sob. si pitung di makamkan utuh, setelah itu Belanda menjaga kuburan tsb, dgn harapan tidak ada yg menziarahinya itu aja

BLACK LION pada 10:33 AM, 08-Nov-11

@Dhanjeung | Collection of Applications: legenda yg benar-benar ada sobwink

BLACK LION pada 10:33 AM, 08-Nov-11

@Randryant: woke sobbiggrin

haidirfc pada 11:03 AM, 08-Nov-11

mantep sob, btw mantep jga tampilan mwb skrnk biggrin

Arbil pada 11:03 AM, 08-Nov-11

absen+ nyimak sob, mantap infonya lol

BLACK LION pada 11:07 AM, 08-Nov-11

@haidirfc: ya sob, lbh dinamis, gak kyk yg dulu, tampilan jadulmrgreenhihi..

@Abil: wok sob, tq yuabiggrin

Ijolumut'z pada 11:08 AM, 08-Nov-11

Nama Asli Bang Pitung siapa Sob?

BLACK LION pada 11:20 AM, 08-Nov-11

@Ijolumutz: nama asli dia Salihun (Salihoen), panggilan Pitung merupakan singkatan dr Pituan Pitulung

Sunan pada 11:24 AM, 08-Nov-11

Balik lagi dgn membawa kbr gemberia kalo tampilan dashboard berubah total, lbh gampang n simple.
Oh ya terima kasih jawabannya..

BLACK LION pada 11:26 AM, 08-Nov-11

@Sunan: iya sob, td aq pake lepi, skrg mo liat versi mobile nya, tq infonya

Arbil pada 11:36 AM, 08-Nov-11

absen+ nyimak sob, mantap infonya lol

wadi pada 11:56 AM, 08-Nov-11

Ehm Ehm...
Punten ane blum bca nich.
Map ru bsa b'knjung lg kang biggrin
mga sukses slalu ya.

Candra pada 12:27 PM, 08-Nov-11

hadirhadirhadir.,




http://seizetheday.blogspot.com

demakx ngeblog pada 01:25 PM, 08-Nov-11

nyimak sob

Arya pada 02:34 PM, 08-Nov-11

absen siang sob numpang lewat ke t4 tapa kang asep

BLACK LION pada 02:44 PM, 08-Nov-11

@Arbil + Candra + demakx ngeblog: woke dehbiggrin

@wadi: mangga atuh kangbiggrin

@Arya: ok deh titip salam buat diabiggrin

Arya pada 02:54 PM, 08-Nov-11

hadir lagi sob jalan nya kemana memuju blog kang asep tadi nyasar ke yhatie's blog

Cumcum_Mip pada 03:06 PM, 08-Nov-11

he he telat kang..ki jek kegiatan golek upo..maklum z
Tak wocone karo ngopi kang

Gigih Ajar NgeBlog pada 03:31 PM, 08-Nov-11

Mantab untuk disimak nih!
kalo ga' keberatan pasang link ane bang!
link ente udah ane pasang!
http://gigih212.pun.bz

Alfand™ pada 03:40 PM, 08-Nov-11

hadir sob, kalo batman y dr betawi spa y..mrgreen rawa rontex bknye yg ntu istlhnye kagak bise mati walau di penggl slame bagian tubuhye msh menyntuh bumi.mrgreen Kya ny udh pnah ilmu ntu.

Rizky Hermawan pada 04:17 PM, 08-Nov-11

Absen+nyimax sob smile coir telat

Ditdoth pada 04:37 PM, 08-Nov-11

smilesadsmilerazzmet sore Boz,absen dulu mau mandimrgreenrazz

JhaY pada 05:14 PM, 08-Nov-11

mf sob ru nongol cozx tdi sbuk di kantormrgreenyihaaaa....
oea , ane request cerita malin kundang ea sob...!!

BLACK LION pada 06:08 PM, 08-Nov-11

@Arya: kok bsbiggrin

@Gigih Ajar: udah sob, tp tlg ganti judul link aq di blog km yabiggrin

@Rizky Hermawan + Dithdoth: woke lanjoot sobbiggrin

@Jhay: jiah..lm" blog aq jd blog kumpulan legenda nihmrgreen

ok deh, aq usahain, tentunya dgn blackfiles stylewink

Gigih Ajar NgeBlog pada 06:15 PM, 08-Nov-11

Mohon bantuanya sob, ini mau dirallat, mau diganti!
Ganti apa sob?

BLACK LION pada 07:34 PM, 08-Nov-11

@Gigih Ajar NgeBlog: tulis aja nikcname aq sob: Black Lion

Edy Chan pada 11:48 PM, 08-Nov-11

Hadir sob, dashboard tampilan bru, tp ane g' bs upload file , huhh..

Edy Chan pada 11:53 PM, 08-Nov-11

Hdr sob, mantap, tp dashboard bru bkin ane g' bs upload file neh jd kuciwa. .. cry

BLACK ANGEL pada 12:28 AM, 09-Nov-11

hadir lagi s0b. .

BLACK LION pada 07:46 AM, 09-Nov-11

@Edy Chan: masak sih sob, katanya sih emang berbeda-beda tampilan dan efek di tiap hp

@BLACK ANGEL: woke sob biggrin

Symbian s60v3 pada 09:33 AM, 09-Nov-11

absen aja sob,.

http://global.heck.in/ideal-merek-spesialis-pisau-dapur.xhtml

Chiem Flooders pada 10:36 AM, 09-Nov-11

Maaf, masih dalam tahap perbaikan, nama komentatornya brantakan neh... mrgreen

eh ada om pitung, ijin pamit om jangan ganngu saya ya om... Saya masih muda cry mrgreen

BLACK LION pada 11:10 AM, 09-Nov-11

@Chiem Flooders: ok dah, tp gak pk lm yabiggrin

@Symbian s60v3: absen diterimamrgreen

kangjack pada 11:33 AM, 09-Nov-11

Jadi makin ngerti sob.

Cabax Cc pada 01:16 PM, 09-Nov-11

jempol sob..

Ayber pada 05:31 PM, 09-Nov-11

Nice p0st s0bbiggrin . .
Jgn lupa b'knjung blik

Candra pada 05:35 PM, 09-Nov-11

sore sob.,


http://a7x--seizetheday.blogspot.com/

JhaY pada 05:38 PM, 09-Nov-11

helow...helow...,,gmna ea request ane kmrin ???

endryct« pada 05:01 AM, 10-Nov-11

Absen sob

Tuan Tanah pada 08:42 AM, 10-Nov-11

Slm. Blog mu menarik. Aku follow kamu,m0hon follow kembali ..dn listkn aku dlm blogroll kamu,aku juga buat kmbali.. smile

Tuan Tanah pada 02:34 AM, 13-Nov-11

legend

Serundenk pada 01:00 PM, 14-Nov-11

numpang ninggalin jejak...
[url=http://kombetkampret.blogspot.com/2011/11/ban-terbaik-di-indonesia-gt-radial.html]ban terbaik di indonesia gt radial[/url]

syahrul pada 06:05 PM, 11-Sep-12

ok

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)